Jam Layanan New Normal Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas RI

Senin – Kamis :  08.00 – 16.00

Jumat : 08.00 – 16.00

Sabtu, Minggu, Cuti Bersama dan Hari Libur Nasional TUTUP

Bagaimana pendaftaran menjadi anggota Perpusnas RI

Pendaftaran anggota Perpustakaan Nasional RI dapat dilakukan secara online pada situs web http://keanggotaan.perpusnas.go.id. dan secara onsite di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2

Syarat mendaftar anggota Perpusnas RI

Menggunakan NIK yang tertera pada KTP/KK dan pada saat cetak kartu wajib membawa KTP/KK (dalam bentuk fotokopi ataupun softfile) sebagai syarat verifikasi

Apakah yang bisa mendaftar menjadi anggota hanya yang berdomisili di Jakarta?

Tidak, semua WNI di seluruh Indonesia (termasuk bagi WNI yang berada di luar negeri) dapat mendaftar menjadi anggota perpusnas RI.

Bagaimana cara mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI bagi WNA?

Pemustaka yang berstatus WNA dapat mendaftar dengan membawa KITAS, paspor, atau visa.

Bagaimana kalau lupa nomor anggota?

Melapor ke alamat email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id dengan mencantumkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir atau datang langsung ke Layanan Kunjungan dan Informasi Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2

Bagaimana kalau lupa password?

Pemulihan password keanggotaan melalui alamat situs web http://keanggotaan.perpusnas.go.id/ lalu klik tombol lupa user/pass kemudian masukkan nomor anggota dan alamat email. Link pemulihan password akan dikirim melalui email. Selain itu, dapat melapor ke alamat email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id dengan mencantumkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir atau datang langsung ke bagian Layanan Kunjungan dan Informasi Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2

Bagaimana bila kartu anggota hilang?

Melampirkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian terdekat untuk pencetakan kartu baru. Untuk mendapatkan layanan cetak ulang kartu anggota, silakan mengambil nomor antrian melalui perangkat komputer yang disediakan di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2.

Bagaimana mencetak kartu anggota bila sudah mendaftar anggota secara online?

Datang langsung ke Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2 dan mengambil nomor antrian melalui perangkat komputer yang disediakan.

Bagaimana cara menggunakan ruang diskusi

Ruang diskusi dengan kapasitas ≤ 10 orang: menghubungi petugas layanan dimana ruang diskusi berada dan menyerahkan kartu anggota.

Ruang diskusi dengan kapasitas ≥ 10 orang: mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi dengan menyertakan maksud tujuan, waktu peminjaman, dan jumlah peminjam.

Bagaimana cara meminjam ruangan auditorium?

Menghubungi Bapak Triono (Kasubag. Deputi 1 Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan RI Jl. Salemba Raya No. 28A) CP. 081310773773

Bagaimana cara untuk mengajukan kunjungan?

Mengirimkan surat resmi permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara ke alamat e-mail            layanan_kunjungan@perpusnas.go.id dengan menjelaskan maksud tujuan kunjungan, waktu (hari/tanggal/jam) dan jumlah peserta kunjungan.

Bagaimana jika berkunjung ke perpustakaan tapi kartu anggota ketinggalan?

Menunjukkan keanggotaan online dengan login di https://keanggotaan.perpusnas.go.id/ Jika lupa nomor anggota, Anda dapat bertanya kepada petugas.

Apakah koleksi Perpustakaan Nasional RI boleh digandakan/dicopy?

Beberapa koleksi diperbolehkan untuk digandakan dengan batasan jumlah halaman tertentu sesuai peraturan yang ditetapkan di Perpustakaan Nasional RI.

Apakah koleksi Perpustakaan Nasional RI bisa dipinjam?

Koleksi Perpustakaan Nasional RI yang dapat dipinjam untuk dibawa pulang adalah Koleksi Monograf Terbuka (Lt. 21 dan Lt. 22) dan Koleksi Anak (Lt. 7a). Selain koleksi tersebut, tersedia untuk dibaca di tempat.

Bagaimana cara mencari koleksi Perpusnas RI?

Koleksi perpusnas RI terdiri dari koleksi tercetak dan koleksi digital. Untuk mencari koleksi tercetak Silakan kunjungi alamat situs web http://opac.perpusnas.go.id. sedangkan untuk koleksi digital dapat mengunjungi alamat situs web layanan koleksi digital http://e-resources.perpusnas.go.id/ atau unduh dan install aplikasi iPusnas melalui google playstore atau appstore

Bagaimana cara mengakses ipusnas?

Aplikasi iPusnas tersedia di Play Store untuk sistem operasi Android, Apple Store untuk sistem operasi iOS, dan laman http://ipusnas.id untuk sistem operasi Windows. Pendaftaran dilakukan di dalam aplikasi menggunakan akun Facebook, akun Google, atau alamat e-mail.

Bagaimana cara mengakses e-resources?

Akses layanan e-resources diberikan kepada anggota Perpustakaan Nasional RI melalui alamat situs web http://e-resources.perpusnas.go.id. Pastikan Anda memasukkan nomor anggota dan password dengan benar saat login.

Toggle title

Toggle content goes here, click edit button to change this text.

Kunjungi alamat situs web https://onesearch.id/ kemudian daftarkan institusi/perpustakaan/repositori

Mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI melalui alamat email pusdiklat@perpusnas.go.id atau datang langsung ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28A

Mengirim surat permohonan liputan yang ditujukan kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28A Jakarta Pusat melalui email humasperpusnas@gmail.com cc humas@perpusnas.go.id.