Perpustakaan Nasional RI melalui Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Perpustakaan Nasional berkomitmen untuk menyelenggarakan pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Perka tersebut bertujuan: a. agar Pengaduan Masyarakat dapat dikelola dengan baik, benar, efektif, dan efisien; b. agar penanganan Pengaduan Masyarakat lebih terkoordinasi dan mempunyai mekanisme penanganan yang sama; c. memberdayakan Pengaduan Masyarakat sebagai kontrol sosial terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat; dan d. mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Perpustakaan Nasional ditindaklanjuti oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara sebagai unit eselon II yang melaksanakan layanan perpustakaan dan informasi dengan membentuk tim pengelolaan pengaduan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 591c/3.3/JPI/VI.2019 tentang Pembentukan Tim Pengelola Pengaduan dan Penanganan Laporan Masyarakat di Lingkungan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bertugas: 1) menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis; 2) memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan; 3) mengevaluasi tindak lanjut dari pengaduan layanan; 4) menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan.

 

Saluran Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain: 

  1. Ruang Pengaduan Perpusnas RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 yang terletak di lantai 2.
  2. Kotak saran
  3. E-Mail : pengaduan_pujasintara@perpusnas.go.id 
  4. Media Sosial : facebook @ayokeperpusnas, twitter @perpusnas1, serta instagram @perpusnas.go.id
  5. SP4N LAPOR! : Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile (Android dan iOS). Lembaga pengelola SP4N LAPOR! yaitu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) sebagai Pembina Pelayanan Publik, Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Pengawas Program Prioritas Nasional dan Ombudsman Republik Indonesia sebagai Pengawas Pelayanan Publik. LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015. Masyarakat dapat menggunakan SP4N LAPOR! untuk memperoleh informasi, menyampaikan keluhan maupun aspirasi.
  6. WA Pengaduan: 0858-8015-8302
  7. Layanan Referensi Virtual/Live Chat
  8. Call Center 1500914

Beragam saluran pengaduan disediakan agar masyarakat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat sebagai pengawasan terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara.  

 

Novi Prasetyo Utami – 20 Oktober 2020