Layanan referensi merupakan layanan berupa menjawab pertanyaan masyarakat/pemustaka terkait kebutuhan informasi dari pemustaka. Layanan ini dikenal juga sebagai layanan Tanya Pustakawan (Ask a Librarian). Layanan referensi Perpustakaan Nasional RI berada di lantai 15 Gedung Layanan Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, Jakarta Pusat. Selain datang langsung ke gedung layanan, pemustaka juga dapat berinteraksi dengan pustakawan referensi dan menanyakan kebutuhan informasinya melalui e-mail layanan_referensi@perpusnas.go.id. Selain itu, layanan referensi juga bisa dilakukan melalui livechat di portal perpusnas.go.id dengan memilih ikon hijau di sudut kanan bawah layar.

 

Berikut ini ilustrasi yang dapat memanfaatkan layanan referensi Perpustakaan Nasional RI:

  1. Pelajar yang kesulitan dan ingin dibantu dalam menemukan informasi atau bahan perpustakaan terkait tugas sekolah atau tugas dari ekstrakulikuler
  2. Mahasiswa yang kesulitan dan ingin dibantu dalam menemukan informasi atau bahan perpustakaan terkait tugas kuliah atau penyelesaian tugas akhis kuliah
  3. Peneliti yang kesulitan dan ingin dibantu dalam menemukan informasi atau bahan perpustakaan atau data tertentu terkait penelitian yang sedang dilakukan
  4. Pekerja yang kesulitan dan ingin dibantu dalam menemukan bacaan yang tepat terkait kebutuhan informasi untuk menyelesaikan tugas dalam pekerjaan
  5. Masyarakat umum yang ingin menemukan bahan bacaan yang tepat untuk kebutuhan informasi

 

Layanan referensi Perpustakaan Nasional RI dapat berupa:

  1. Penelusuran data
  2. Penelusuran informasi
  3. Penelusuran bahan perpustakaan
  4. Pengajaran penelusuran baik di perpustakaan atau di internet
  5. Layanan pinjam antarperpustakaan

 

Layanan referensi dilayankan oleh Kelompok Layanan Referensi. Khusus untuk layanan referensi melalui livechat beberapa pustakawan aktif melayani (selain dari Kelompok Layanan Referensi)

 

update 9 September 2020