Informasi yang terkandung di dalam sumber informasi yang berupa majalah terjilid dapat menjadi sumber rujukan yang saling mengisi dan melengkapi informasi yang ada pada sumber lainnya seperti buku langka, manuskrip serta surat kabar langka.

Koleksi yang tersedia pada Layanan Majalah Terjilid terdiri dari:

1. Majalah lama yang terbit di Indonesia dan luar negeri. Koleksi majalah tersebut telah mengalami proses penjilidan yang bertujuan untuk memudahkan pustakawan dan pemustaka dalam proses penelusuran. Koleksi majalah lama tertua yang dimiliki oleh Layanan Majalah Terjlid Perpustakaan Nasional RI adalah “The Hollandsche Spectator” yang terbit pada tahun 1648 dan majalah “Verhandelingen van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen” yang terbit pada tahun 1779 di Batavia. Untuk majalah lama tertua terbitan dalam negeri yaitu “Warna Sari” yakni majalah dalam tulisan Jawa yang terbit pada tahun 1857 dan “Bianglala” yang terbit pada tahun 1820.

2. Jurnal lama terbitan Indonesia dan luar negeri. Sama seperti koleksi majalah, koleksi jurnal lama yang terdapat di Layanan Majalah Terjilid sudah mengalami proses penjilidan agar mudah untuk ditemukan pada saat proses penelusuran.


Fasilitas

  1. Ruang baca
  2. Katalog khusus majalah terjilid