Perpusnas Hadirkan Aplikasi Kartu Keanggotaan Virtual

Blog Single

Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan ponsel pintar/smartphone membuat jumlah penggunaan internet terutama di Indonesia sangat tinggi. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyatakan, jumlah pengguna smartphone mencapai 167 juta orang atau 89% dari total penduduk Indonesia. Hal ini tentunya berdampak pada perkembangan aplikasi pada smartphone. Saat ini, banyak masyarakat lebih nyaman menggunakan aplikasi via smartphone untuk memenuhi kebutuhannya mulai dari belanja, transportasi, hingga berkomunikasi. Melihat kecenderungan ini, Perpusnas tidak mau ketinggalan dengan melahirkan aplikasi kartu keanggotaan virtual.  

Aplikasi ini hadir sebagai jawaban kepada masyarakat agar tidak perlu repot-repot untuk mencetak kartu keanggotaan secara fisik. Dengan fungsi dan manfaat yang sama dengan kartu anggota berbentuk cetak, diharapkan aplikasi kartu anggota virtual ini juga memberikan kesempatan bagi sahabat Perpusnas yang tinggal diluar Jabodetabek untuk merasakan pengalaman memiliki kartu anggota Perpusnas. 

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini antara lain pendaftaran keanggotaan, melihat informasi keanggotaan, melakukan pencarian koleksi, melakukan pemesanan koleksi (khusus koleksi lantai 21, 22, 7A dan diambil di smart locker), serta riwayat pemanfaatan layanan seperti jumlah kunjungan ke gedung layanan, jumlah baca ditempat, peminjaman, dan fotokopi. 

Namun, hingga saat ini aplikasi kartu keanggotaan virtual hanya baru tersedia untuk smartphone dengan sistem operasi Android. Bagi masyarakat yang ingin mencoba aplikasi ini, bisa mengunduhnya di https://keanggotaan.perpusnas.go.id/apk/vcardPerpusnasv1.apk. Bagi sahabat Perpusnas yang penasaran akan fitur fitur yang ada di dalam aplikasi ini, berikut merupakan gambar-gambar dari tiap fitur aplikasi kartu keanggotaan Virtual Perpusnas. Jika sahabat Perpusnas memiliki pertanyaan dan saran untuk aplikasi ini, dapat disampaikan melalui livechat di laman perpusnas.go.id atau email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id.

Berita

Image

Bimbingan Pemustaka Online: Sosialisasi Peman...

Image

Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpu...

Image

Catatan Dunia Penerbangan 1 Januari 2021...

Image

Desk Evaluation Pelayanan Publik Pujasintara...

Image

Perpusnas Luncurkan Layanan Referensi Virtual...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022

Terkait peringatan Hari Tahun Baru Islam maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada Sabtu, 30 Juli 20....

Selasa, 02 Agustus 2022