Dinas Kersipan dan Perpustakaan Kab Badung Luncurkan “Kartu Wali Sakti”

Blog Single

Badung – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Bali, bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI merilis kartu anggota Perpustakaan bernama “Wali Sakti”, Rabu, 23 Februari 2022, di Badung Command Center (gak perlu dimiringin). Kartu ini merupakan bentuk inovasi layanan di Kabupaten Badung yang bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Peluncuran tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Badung, I Wayang Adi Arnawa, bersama Kepala Perpustakaan Nasional RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Teguh Purwanto, dan Kepala Dians Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung, Ni Wayan Kristiani. Selain itu, turut hadir Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Badung Anak Agung Ngurah Arimbawa, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, dan Koordinator Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Yuliatry Bunga.

Menurut Teguh, kartu “Wali Sakti” ini memiliki manfaat beragam bagi pemustaka. Salah satunya ialah masyarakat Badung yang mendaftar menjadi anggota perpustakaan daerah Badung otomatis menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI di Jakarta karena sudah sama-sama menggunakan NIK sebagai nomor anggota perpustakaan. “Kartu ini juga bisa digunakan untuk mengakses layanan koleksi digital koleksi Perpustakaan Nasional RI,” kata Teguh.

Perpustakaan Daerah Badung menjadi salah satu pionir perpustakaan daerah di Indonesia dalam penerapan NIK sebagai nomor keanggotaan prpustakaan selain dua unit pelaksana teknis Perpustakaan Nasional RI, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar dan Perpustakaan Bung Hatta di Bukit Tinggi. Hingga tulisan ini ditulis sekira 1650-an data anggota perpustakaan Kabupaten Badung telah terdaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI.

Teguh menegaskan, hal ini patut dijadikan contoh di Indonesia khususnya bagi perpustakaan-perpustakaan di daerah, sehingga mampu berkembang dan mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang inovatif. “Kami harapkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung terus melakukan inovasi layanan perpustakaan. Pasalnya, pemustaka sebagai pengguna jasa perpustakaan membutuhkan layanan yang sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kehadiran Wali Sakti diharapkan bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya.


Reportase: Atis Taufik

Berita

Image

Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Peng...

Image

Seri Diskusi Naskah Kuno Nusantara ke-19...

Image

Evaluasi Pusat Jasa Perpustakaan Dan Informas...

Image

Sosialisasi Layanan Jasa Informasi di Perpust...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022