Pemanfaatan Layanan Digital Perpusnas Kepada Sivitas Akademika Universitas Ibn Khaldun Bogor

Blog Single

Bangsa yang maju adalah bangsa yang maju tingkat literasi masyarakatnya, demikian sepenggal pernyataan dari Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor pada sambutan sesi Bimbingan Pemustaka dan literasi Informasi Kamis 6 Mei 2021. Sesi ini merupakan bagian dari rangkaian sesi bimbingan pemustaka dan literasi informasi yang mengarah pada Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Pada sesi ini pemaparan di sampaikan oleh dua pemateri dari Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan Ibn Khaldun.

Sesi acara diawali dengan sambutan dari masing – masing perwakilan institusi, sambutan pertama disampaikan oleh Endin Mujahidin selaku Rektor Universitas Ibn Khaldun Bogor. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi terlaksananya kerja sama serta mendukung kerja sama yang terjalin seraya menekankan pentingnya literasi sebagai hal pertama yang juga ditekankan dalam agama.

Sambutan kedua disampaikan oleh Fathmi selaku Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya literasi informasi di masyarakat khususnya kalangan akademisi. Beliau juga memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan aktualisasi dari surat edaran Kepala Perpustakaan Nasional kepada seluruh rektor Perguruan Tinggi di Indonesia untuk memanfaatkan koleksi digital (e-resources) Perpustakaan Nasional secara optimal.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari kedua narasumber, nasarumber pertama adalah Ida Farida selaku Kepala Perpustakaan Ibn Khaldun Bogor. Beliau memaparkan tentang profil dan layanan Perpustakaan Ibnu Khaldun. Perpustakaan Ibnu khaldun terus berbenah mewujudkan layanan yang efisien dan efektif bagi pemustakanya. Salah satu contohnya adalah upaya sentralisasi Perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Ibn Khaldun. Repository Institusi, Penggunaan Slims, SSO (Single Sign On), Google form merupakan variasi lanjutan dari upaya Perpustakaan Ibn Khaldun dalam merealisasi visi Perpustakaannya yakni “Dengan Teknologi Bergerak Lebih Dekat Dengan 3 E (Efektif, Efisien dan Etis)  2025.”

Narasumber selanjutnya adalah Yuli Maryani selaku Pustakawan Ahli Madya Perpustakaan Nasional. Beliau memaparkan banyak sekali koleksi digital dan layanan yang dapat diakses oleh kalangan akademisi diantaranya, Indonesia Onesearch, Keanggotaan Online, iPusnas, Khastara dan e-resources. Peserta juga diajak praktek secara langsung cara penelusuran e-journal dan e-book pada e-reosurces Perpusnas serta strategi agar pencarian informasi dapat dilakukan secara optimal dengan menggunakan fitur – fitur yang terdapat didalamnya.

Sesi tanya jawab dilakukan setelah pemaparan kedua materi selesai dilakukan. Banyak pertanyaan yang masuk dari peserta terkait akses iPusnas, kartu anggota, Indonesia Onesearch dan e-resources. Pertanyaan dapat dijawab secara lengkap dan jelas oleh narasumber. Peserta kali ini berjumlah 131 orang. Bimbingan pemustaka disiarkan secara langsung di Youtube WBS Perpusnas yang dapat dilihat pada https://www.youtube.com/watch?v=6L1WyRE4TVE&t=408s. Dipersilahkan kepada sahabat perpustakaan di seluruh Indonesia jika ingin mengadakan kerja sama Bimbingan Pemustaka secara online dapat berkirim surat melalui e-mail (bpli@perpusnas.go.id). Kami akan menyediakan fasilitas zoom meeting dan layanan ini gratis tanpa pungutan biaya. Kami tunggu kolaborasi dan sinerginya Salam Literasi Salam Sehat.

Berita

Image

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabup...

Image

Menulis, Cara Untuk Dikenal...

Image

Perpusnas Hadirkan Aplikasi Kartu Keanggotaan...

Image

Menolak Lupa, Tokoh Kepustakawanan sebelum Te...

Image

Peringatan Hari Anak Nasional 2019 Di Gd. Fas...

Pengumuman