Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpusnas RI kepada Sivitas Akademika UIN Antasari Banjarmasin

Blog Single

Perpustakaan Nasional kembali melanjutkan sesi layanan bimbingan pemustaka secara online pada hari Rabu 21 April 2021 bekerja sama dengan Perpustakaan UIN Antasari Banjarmasin. Layanan bimbingan pemustaka merupakan salah satu layanan Perpustakaan yang bertujuan memberikan manfaat sebesar – besarnya kepada masyarakat yang diharapkan dapat menyentuh secara langsung, oleh karena itu perlu adanya sinergi dengan pihak lain, seperti pada pagi ini bimbingan pemustaka Perpustakaan Nasional secara online berkolaborasi dengan sivitas akademik UIN Antasari Banjarmasin.

Sesi Bimbingan pemustaka diawali dengan sambutan dari Ibu adriyati selaku Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI. Dalam sambutannya beliau mengharapkan kegiatan ini dapat membantu mahasiswa untuk menyelesaikan skripsinya tepat waktu tanpa terkendala dalam penelusuran bahan rujukan ilmiah karena Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan UIN memiliki sumber rujukan yang melimpah dan dilengkapi dengan cara bagaimana dapat mengaksesnya.

Sambutan Kedua disampaikan oleh Bapak Mujiburrahman selaku rektor UIN Antasari Banjarmasin. Beliau mengapresiasi atas inisiasi dan sinergi yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional dan Perpustakaan UIN Antasari. disamping itu beliau juga mengemukakan harapannya agar memanfaatkan kegiatan ini secara maksimal.

Kegiatan ini menghadirkan dua Narasumber, yang pertama adalah Ibu Laila selaku Kepala Pusat Perpustakaan UIN Antasari dengan memaparkan profil layanan perpustakaan. Narasumber yang kedua adalah Sdr.Salamun Ababil selaku pustakawan ahli pertama di Unit layanan Perpustakaan Nasional. Sdr. Ababil memaparkan strategi Pemanfaatan koleksi digital Perpusnas RI seperti Indonesia Onesearch, iPusnas, Khastara, dan e-resources. Tahapan dan tata cara penelusuran koleksi digital tersebut dijelaskan secara bertahap dan praktek langsung.

Setelah sesi pemaparan kegiatan bimbingan pemustaka online dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bagi para peserta terkait layanan perpustakaan UIN Antasari dan penelusuran koleksi digital Perpusnas. Sesi bimbingan pemustaka online dapat di akses melalui zoom dan chanel youtube. Tercatat sebanyak 352 peserta yang mengikuti melalui zoom conference dan selebihnya melalui channel Youtube Radio WBS Perpusnas.

Berita

Image

Duta Baca Indonesia 2021-2025 dan Kartu Keang...

Image

FGD Penelitian Sejarah #3 “Diskusi Kiprah P...

Image

Promosi Layanan Digital dan Keanggotaan Perpu...

Image

FGD Penelitian Sejarah #2 “Sejarah Pandemi ...

Image

Kick Off Survei Kepuasan Untuk Survei Kedua, ...

Pengumuman