PUJASINTARA meraih Penghargaan “Sangat Baik” sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik

Blog Single

Jakarta – Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meraih penghargaan sebagai penyelenggara pelayanan publik kategori “Sangat Baik” Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Penghargaan diterima oleh Ofy Sofiana selaku Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas dalam acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Kementerian/Lembaga dan Penghargaan Unit Pelayanan Percontohan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2020, pada Selasa (9/3/2021).

Pujasintara meraih predikat A- (Sangat Baik) bersama dengan 26 unit penyelenggara pelayanan kementerian/lembaga lainnya dari total 55 kementerian/Lembaga yang dinilai. Hasil ini meningkat dari tahun sebelumnya dengan kategori “Baik”. Penilaian dilakukan berdasarkan enam unsur yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi.

“Semangat perbaikan dan kontinu perlu dijaga karena kedepan tantangan akan semakin berat dan semakin kompleks sehingga percepatan pelayanan publik menjadi salah satu kunci untuk dapat bangkit pada kondisi saat ini,” jelas Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Beliau juga mengingatkan arahan Wakil Presiden RI untuk selalu menjaga citra baik pemerintah, bangun soliditas, dan kerja sama, Pancasila sebagai landasan ideologi, dan jaga selalu budaya dan mindset yang ramah, santun, serta profesional.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa menyampaikan “Capaian Indeks Pelayanan Publik Nasional meningkat dari tahun 2019 sebesar 3,83 menjadi sebesar 4,00 pada tahun 2020 atau tergolong dalam predikat baik”. Dari hasil evaluasi sebanyak 6 K/L mendapat kategori A , 26 K/L mendapat kategori A- , 15 K/L mendapat kategori B , 4 K/L mendapat kategori B- , 2 K/L mendapat kategori C dan 1 K/L mendapat kategori C- . , “Hasil ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik di lingkup kementerian/Lembaga terus berusaha untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pengguna layanan meskupun di tengah pandemi Covid-19.” tambah Diah.

Tonton videonya https://youtu.be/LM1Pew5Lq8o


Lihat berita terkait: DESK EVALUATION PELAYANAN PUBLIK PUJASINTARA

Berita

Image

Timbulkan Kebutuhan untuk Meningkatkan Akses ...

Image

PEMBERITAHUAN: PENUTUPAN LAYANAN PERPUSTAKAAN...

Image

PEMBUKAAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN KOPI...

Image

Arsip Nasional RI dan Pujasintara Berbagi Ter...

Image

Memantik Literasi di Bumi Cantik...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022