Perpusnas Perpanjang Penutupan Layanan Onsite

Blog Single

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang hingga saat ini masih terus berlangsung membuat kita harus senantiasa tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat agar dapat menekan penyebaran virus Covid-19. Kondisi yang saat ini dihadapi oleh Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan berbagai macam kebijakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19, salah satunya adalah dengan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Kebijakan ini secara langsung mempengaruhi layanan publik, tidak terkecuali pada perpustakaan. 

Maka dari itu sehubungan dengan kebijakan tersebut, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mengambil kebijakan untuk menutup layanan fisik/onsite selama 14 hari, terhitung mulai 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021. Langkah ini diambil oleh Perpusnas sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, dimana Perpusnas merupakan salah satu tempat yang sangat berpotensi menimbulkan kerumunan. Selain itu juga, kemungkinan virus menyebar juga cukup tinggi karena banyaknya kontak pengunjung dengan koleksi-koleksi yang ada di layanan onsite Perpusnas. 

Namun, selama layanan fisik/onsite tutup, masyarakat tetap dapat memanfaatkan fasilitas layanan digital dari perpusnas yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja selama 24 jam. Layanan tersebut antara lain: 

  • Indonesia Onesearch 

Indonesia OneSearch merupakan satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia. Portal ini berisi beragam  koleksi dari banyak repository, institusi, dan perpustakaan yang tergabung dalam satu portal pencarian yang dapat memudahkan masyarakat dalam menelusur koleksi perpustakaan yang  berada di dekat dengan tempat tinggalnya. Masyarakat dapat dengan mudah mencari dengan langsung mengakses website https://onesearch.id/ 

  • iPusnas 

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan beragam jenis buku digital  dan bisa diakses secara gratis dengan hanya mendaftarkan diri langsung via aplikasi  menggunakan alamat email atau akun media sosial facebook. IPusnas juga tersedia dalam  berbagai platform mulai dari Android yang bisa diunduh melalui Playstore, iOS yang bisa  diunduh lewat Appstore, dan versi desktop untuk sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux  yang dapat diunduh langsung lewat web https://ipusnas.id/ 

  • e-Resources 

e-Resources merupakan portal perpustakaan digital dari Perpusnas yang menyediakan jurnal,  ebook, dan karya referensi lain yang dilanggan oleh Perpusnas. Untuk dapat memanfaatkan layanan ini, masyarakat cukup mendaftarkan dirinya sebagai anggota perpusnas  di https://keanggotaan.perpusnas.go.id/daftarpetunjuk.aspx dan setelah mendapatkan nomor  anggota, masyarakat dapat langsung mengakses seluruh koleksi e-resources yang dilanggan oleh  Perpusnas secara gratis. 

  • Khastara 

Khastara yang merupakan akronim dari Khasanah Pustaka Nusantara, merupakan portal yang  berisi koleksi-koleksi kuno yang dimiliki oleh Perpusnas mulai dari naskah kuno, buku langka,  foto, peta, lukisan, dan sumber lainnya yang bentuknya telah di digitalkan oleh Perpusnas.  Untuk mengakses portal ini bisa langsung buka web https://khastara.perpusnas.go.id/ 

  • Tanya Pustakawan 

Tanya Pustakawan merupakan layanan dari Perpusnas dimana masyarakat dapat melakukan interaksi langsung dengan pustakawan Perpusnas via livechat dan email. Masyarakat dapat mengajukan pertanyaan berupa penelusuran informasi/data, bimbingan penelusuran, ataupun pengaduan layanan. Layanan ini dapat diakses dengan klik bulatan hijau di pojok kanan web https://www.perpusnas.go.id/ . Informasi lengkap seputar layanan ini bisa didapat pada laman http://pujasintara.perpusnas.go.id/tanya-pustakawan/.


Layanan digital diatas merupakan bentuk kepedulian Perpusnas terhadap kebutuhan informasi masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Agar penyebaran virus Covid-19 ini usai, mari kita sama-sama disiplin dalam menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Sayangi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda, stay safe.

Berita

Image

PEMBERITAHUAN: PENUTUPAN LAYANAN PERPUSTAKAAN...

Image

Virtual Tour Sekolah Kallista Batam ke Perpus...

Image

Sosialisasi Alur Pengaduan Masyarakat...

Image

Webinar Hari Kunjung Perpustakaan 2020 Hari K...

Image

Kick Off Survei Kepuasan Untuk Survei Kedua, ...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022