Webinar Hari Kunjung Perpustakaan 2020 Hari Ke-2 “Layanan di Masa Pandemi Covid-19”

Blog Single

Perpustakaan Nasional RI mengadakan webinar peringatan 25 Tahun Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar membaca, dengan Tema “Menuju SDM Unggul Indonesia Maju”. Dalam penyelenggaran hari ke-2 ini mengusung tema “Layanan di Masa Pandemi Covid-19” yang berisi tiga materi yang disampaikan oleh tiga narasumber yang berbeda. Materi yang dibahas adalah seputar layanan perpustakaan yang dapat dilakukan oleh perpustakaan di masa pandemi Covid-19 yang berkaca pada pengalaman Perpusnas RI.

Materi pertama tentang strategi pengembangan layanan perpustakaan di masa pandemi Covid-19 disampaikan oleh Pustakawan Utama Perpusnas RI, Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum. Beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh perpustakaan di masa pandemi Covid-19 seperti memperhatikan protokol kesehatan, memberikan pelayanan secara virtual, dan pembatasan layanan secara onsite. Selain itu juga beliau mengemukakan di masa pandemi ini merupakan saat yang tepat untuk menguatkan penyediaan koleksi digital.

Materi kedua tentang layanan perpustakaan di masa pandemi Covid-19: studi kasus layanan perpusnas disampaikan oleh Luthfiati Makarim, S.S., M.M. Beliau mengemukakan pengalaman yang dihadapi oleh Perpusnas selama masa pandemi dan meningkatnya transaksi digital di layanan-layanan berbasis digital milik Perpusnas seperti iPusnas, e-resources, khastara, dan tanya pustakawan. Beliau juga menyampaikan bahwa tidak hanya layanan yang kemudian menjadi berbasis digital, namun juga kinerja pustakawan yang selama masa pandemi bekerja dari rumah juga membuat banyak hasil-hasil yang kreatif dan inovatif.

Materi ketiga sekaligus materi terakhir tentang layanan referensi virtual disampaikan oleh Arief Wicaksono, M.Hum.. Beliau mempromosikan dan menjelaskan tentang layanan referensi virtual yang dimiliki oleh Perpusnas RI dan menjelaskan kompetensi apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang pustakawan referensi. 

Webinar hari ke-2 ini diikuti oleh 855 peserta dari aplikasi zoom dan 461 peserta yang menonton dari live streaming Youtube channel Perpustakaan Nasional RI. Selain mendapatkan e-sertifikat yang otomatis terkirim ke email peserta setelah mengisi daftar hadir, para peserta di aplikasi zoom juga mendapatkan materi dari narasumber.

Berita

Image

Layanan Sirkulasi Koleksi di Perpustakaan Nas...

Image

Libtalk Sesi 6 : EKSISTENSI PUSTAKAWAN SEKOLA...

Image

Promosi Layanan Keanggotaan dan Sosialisasi e...

Image

Anugerah Hadiah Sastra Rancagé 2019...

Image

Peringatan Hari Anak Nasional 2019 Di Gd. Fas...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022

Terkait peringatan Hari Tahun Baru Islam maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada Sabtu, 30 Juli 20....

Selasa, 02 Agustus 2022