PENGHARGAAN PUSTAKAWAN LAYANAN TERBAIK DAN PEMUSTAKA TERBAIK TAHUN 2021

Blog Single

Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan Pasal 21 Ayat (3) disebutkan bahwa salah satu tugas Perpustakaan Nasional adalah melakukan promosi perpustakaan dan gemar membaca dalam rangka mewujudkan masyarakat pembelajar sepanjang hayat. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional dalam rangka promosi perpustakaan adalah peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca. Hari Kunjung Perpustakaan dicanangkan pada 14 September 1995 oleh Presiden Soeharto. Selain sebagai hari kunjung perpustakaan, bulan September juga ditetapkan sebagai bulan gemar membaca, hal ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. 

Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca biasanya dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional secara luring, namun mulai tahun 2020 dilaksanakan secara daring mengingat bangsa Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, hal ini guna mendukung upaya pemerintah menanggulangi penularan dan penyebaran Covid-19. Tahun 2021, Perpustakaan Nasional melaksanakan serangkaian kegiatan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca secara hybrid mulai 15 September 2021 – 23 September 2021.

Sebagai kegiatan pertama dalam rangkaian peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021 adalah pemberian Penghargaan Pustakawan Layanan Terbaik dan Pemustaka Terbaik Tahun 2021 Semester 1 pada Rabu, 15 September 2021 bertempat di Ruang Auditorium Perpusnas RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 dan juga melalui saluran zoom meeting, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 . Pemberian penghargaan kepada pustakawan dan pemustaka sudah dilaksanakan sejak tahun 2019 sebanyak 1 kali dalam setahun. Namun, pada tahun 2021 dilaksanakan sebanyak 2 kali dalam setahun dengan menggunakan Anggaran Belanja Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara Tahun Anggaran 2021. Pemberian penghargaan kepada pustakawan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh dewan juri internal dan juga dewan juri eksternal dengan menerapkan sistem penilaian 360° yang dilaksanakan setiap 3 bulan (triwulan). Sedangkan pemilihan pemustaka terbaik berdasarkan penilaian keaktifan dalam memanfaatkan dan mendayagunakan koleksi Perpustakaan Nasional.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Dra. Ofy Sofiana, M.Hum. mengatakan bahwa pemberian penghargaan merupakan apresiasi dan penghargaan kepada para pustakawan yang telah memberikan layanan terbaik juga apresiasi kepada pemustaka. Tujuan dari kegiatan ini guna memacu para pustakawan untuk memberikan layanan terbaik, sekaligus mendorong untuk terus memberikan ide-ide kreatif dan inovatif untuk peningkatan layanan yang juga sebagai pemicu bagi pemustaka untuk senantiasa memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh sumber daya yang tersedia di Perpustakaan Nasional serta sebagai upaya mendorong pembangunan dan pengembangan literasi di masyarakat.

erpilih sebagai Pustakawan Layanan Terbaik Tahun 2021 Semester I yaitu Aditya Taufik Nugraha, S.Hum. yang merupakan pustakawan ahli pertama di Layanan Buku Langka Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, sedangkan Pemustaka Terbaik Tahun 2021 Semester 1 yaitu Johnatan Imanuel yang merupakan siswa kelas X MIPA SMU Negeri 33 Jakarta.

Selamat kepada Pustakawan dan Pemustaka Terbaik Tahun 2021, semoga menjadi inspirasi bagi pustakawan dan pemustaka di seluruh Indonesia serta dapat menebarkan virus literasi ke seluruh pelosok negeri.  

Berita

Image

Pemberian Apresiasi Kepada Pustakawan dan Pem...

Image

Lahirkan Kembali Cinta Budaya Indonesia melal...

Image

Webinar Hari Kunjung Perpustakaan 2020 Hari K...

Image

Penghargaan Kepada Anak Oleh Duta Perpusnas...

Image

PUBLIKASI DALAM RANGKA PEMBUATAN PAKET INFORM...

Pengumuman