Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Digital Perpustakaan Nasional RI bersama STEI SEBI

Blog Single

Kemerdekaan Republik Indonesia tidak dicapai dengan mudah bukan pemberian bangsa lain namun kemerdekaan diraih dengan cucuran darah, nyawa dan air mata. Kini kita telah menghirup udara kemerdekaan, namun perjuangan belum selesai dan semakin kompleks karena tantang disetiap jaman dan generasi berbeda – beda. Salah satu kegiatan mengisi kemerdekaan adalah dengan meningkatkan kompetensi dan skill agar mampu bersaing dalam kompetisi global. Kelas Literasi adalah salah satu kegiatan untuk meningkatkan kompeten dan skill yang dibutuhkan sebagai penunjang penyebaran dan implementasi Ilmu Pengetahuan.

Hari Kamis, 19 agustus 2021 Perpustakaan Nasional kembali melaksanakan sosialisasi pemanfaatan koleksi digital Perpusnas (Indonesia Onesearch, iPusnas, e-resources) bersama dengan Sekolah Tinggi Ekonomik Islam SEBI. Kerja sama ini rutin digelar sebagai bentuk kolaborasi sebagai institusi Ilmu Pengetahuan. Acara dimoderatori oleh Zilal Afwa Ajidin, SE., MA. Dosen STEI SEBI, dengan narasumber dari Perpustakaan Nasional yakni Yuli Maryani, S.Sos, M.Si. dan Achmad Riyadi Alberto, S.Ptk. Kegiatan ini diawali dengan kata sambutan dari Wakil Ketua I STEI SEBI Dr. Azis Budi Setiawan, SEI, MM.

Dalam sambutan pertama beliau menitikberatkan pada fungsi perpustakaan. Sebagai cendekiawan dan para penuntut ilmu, Perpustakaan merupakan mata air pengetahuan. Perpustakaan merupakan area publik paling penting untuk mendapatkan referensi yang berkualitas. Kegiatan ini sangat penting karena tidak hanya sebatas akses namun disertai pembelajaran cara akses koleksi.

Sambutan kedua disampaikan oleh Yuliatry Bunga, S.IPI selaku Koordinator Kelompok Substansi Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan Nasional RI Literasi menjadi kompetensi dasar yang harus dimiliki setiap individu dalam masyarakat Indonesia, agar dapat mengantarkan terwujudnya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong. Kemampuan literasi merupakan bentuk cognitive skill, yang memampukan manusia untuk mengidentifikasi, mengerti, memahami, dan mencipta yang diperoleh dari kegiatan membaca, yang kemudian ditransformasikan dalam kegiatan yang produktif dan memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan kesejahteraan.

Materi pertama dipaparkan oleh pustakawan dengan topik akses E-Resources, iPusnas, dan IOS Perpusnas RI. Dalam paparannya itu, Yuli Maryani menjelaskan cara mengakses dan perbedaan ketiga layanan digital perpusnas. Materi kedua dipaparkan dengan lengkap oleh Achmad Riyadi Alberto seperti tahapan eresources, fitur – fitur pendukung, koleksi yang tersedia dan penelusuran berdasar subjek, Acara ini diikuti lebih dari 200 peserta melalui virtual zoom meeting dan Kanal Youtube Radio WBS Perpusnas.

Bagi masyarakat umum ataupun kalangan akademisi, jika ingin mengadakan kegiatasn serupa dipersilahkan mengirimkan permohonan kerjasama Bimbingan Pemustaka Online ini ke email bpli@perpusnas.go.id. Kegiatan ini gratis tanpa dipungut biaya. Salam Sehat Salam Literasi

Berita

Image

FGD Penelitian Sejarah #6 “Swasembada Panga...

Image

Libtalk Sesi 6 : EKSISTENSI PUSTAKAWAN SEKOLA...

Image

Audit Eksternal Penerapan Sistem Manajemen Mu...

Image

Desk Evaluation Pelayanan Publik Pujasintara...

Image

Seri ke-20 Diskusi Naskah Kuno Nusantara...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022

Terkait peringatan Hari Tahun Baru Islam maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada Sabtu, 30 Juli 20....

Selasa, 02 Agustus 2022