Libtalks Series : Penelusuran Sumber-Sumber Informasi Bidang Hukum

Blog Single

24 Maret 2022- Libtalks librarian talking a lots merupakan sarana diskusi kepustakawanan membahas informasi seputar dunia perpustakaan, libtalks persembahan layanan koleksi rujukan dan ilmu perpustakaan (Perpusnas) sebagai ajang promosi memperkenalkan layanan referensi Perpusnas. Libtalks series 2022 menghadirkan seri penelusuran informasi berbagai subject, setelah sebelumnya membahas penelusuran informasi di bidang ilmu kedokteran dan sosial humaniora. Series penelusuran informasi diharapkan bisa menambah pengetahuan dan skill penelusuran informasi bagi pustakawan untuk bisa memenuhi kebutuhan informasi pemustaka. Libtalk series penelusuran informasi bidang ilmu hukum menghadirkan pustakawan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang, Ibu Fahimah S.Sos. Diskusi dipandu oleh pustakawan referensi (Live Chat Perpusnas), Kak Muhammad Ilyas. Acara dibuka oleh Bapak Arief Wicaksono, selaku Sub Koordinator Layanan Referensi Perpusnas.

Perpustakaan Fakultas Hukum Undip terletak di jalan prof soedarto, kampus Undip Tembalang, merupakan bagian dari perpustakaan pusat UPT Undip. Perpustakaan fakultas Hukum menyediakan berbagai layanan, terdapat layanan sirkulasi (layanan peminjaman dan pengembalian) dan layanan referensi. Layanan referensi Perpustakaan Fakultas Hukum Undip selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustakanya, dengan menyediakan rujukan (cetak) buku dan koleksi karya ilmiah serta elektronik resources seperti e-book, e-journal, e-book nasional berbasis android, dan institutional repository. Sebelum pandemi, layanan pojok literasi merupakan layanan favorit yang diminati oleh pemustaka.Layanan pojok literasi yang akrab disebut sinau bareng pustakawan, merupakan layanan belajar bersama untuk mahasiswa yang dipandu oleh pustakawan. Masing-masing kelas berisi 10 orang yang dijadwalkan setiap hari rabu. Layanan pojok literasi mencakup kelas manajemen referensi dan kelas literasi informasi. Pustakawan mengajarkan mahasiswa cara menelusur melalui e-resources, menemukan informasi yang relevan sesuai dengan kebutuhan informasi. Ketika pandemi covid19, layanan Perpustakaan Fakultas Hukum Undip tetap berjalan dengan beralih ke layanan online. Pustakawan menerima permintaan konsultasi, penelusuran informasi dan pengecekan plagiasi oleh civitas akademika Undip melalui google form. Dari beberapa layanan online, permintaan penelusuran informasi paling banyak diminati oleh dosen dan mahasiswa pascasarjana (S2&S3).

Perpustakaan fakultas Hukum menggunakan E-resources yang dilanggan oleh Undip diantaranya sciencedirect, emerald, springerlink, dll yang bisa diakses secara gratis oleh civitas akademika UNDIP, melalui single sign on. akan tetapi, untuk akses e-resources undip sangat terbatas hanya civitas akademika Undip. Maka dari itu, ibu fahimah menyarankan untuk mengakses e-resources.perpusnas.go.id, yang bisa diakses secara gratis oleh penggunaUntuk sumber informasi hukum, bisa mengakses westlaw dan LexisNexis. Selama pemaparan, ibu fahimah mengajarkan kepada peserta bagaimana cara melakukan penelusuran informasi tesis melalui Proquest. Hal ini sangat bermanfaatkan bagi mahasiswa s2 dan s3 untuk memanfaatkan resource selain artikel ilmiah. Selain itu, dipraktekan juga bagaimana cara menelusur dan menggunakan e-book bidang hukum melalui lexisnexis. Selain penelusuran karya ilmiah, penelusuran produk hukum seperti undang-undang, majalah, dan karya ilmiah seputar hukum bisa mengakses JDIHN (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional). Agar penelusuran lebih tepat sasaran dan relevan, khususnya untuk karya ilmiah, diperlukan batasan penelusuran seperti hak akses, jenis publikasi, tahun publikasi, format dokumen, dan cakupan geografis. Selain batasan penelusuran, trik penelusuran lainya yang perlu diperhatikan adalah penentuan kata kunci, narasumber mempraktekan bagaimana menggunakan trik penelusuran boolean melalui sumber google scholar, semantic scholar, dan connected papers.

Diskusi berlangsung selama 2 jam dengan berbagai pertanyaan seputar akses e-resources dan jurnal-jurnal hukum. Diikuti peserta dari seluruh Indonesia dengan latar belakang pustakawan, mahasiswa, pemerhati, tenaga pendidik hingga masyarakat umum yang berjumlah 200 peserta yang hadir secara langsung melalui zoom meeting serta diikuti melalui melalui channel youtube radio WBS perpusnas 34 peserta. Libtalk series penelusuran informasi semoga menjadi wadah bagi peserta untuk sama-sama sharing dan belajar, mengetahui jenis resources dan cara penelusuran informasi agar pemenuhan kebutuhan informasi terpenuhi. Siaran ulang zoom Libtalk series sumber informasi hukum bisa disaksikan di akun youtube WBS Radio Perpusnas 

Tautan siaran ulang dapat dilihat di Youtube :  https://www.youtube.com/watch?v=ge_ttgTUdlc


Reportase: Susi Setiyani

Berita

Image

Layanan Referensi Penting, Tapi Jarang di Bah...

Image

PEMBERITAHUAN: PENUTUPAN LAYANAN PERPUSTAKAAN...

Image

Bimbingan Pemustaka Klasika #4 “Mengenal Be...

Image

Perpusnas Hadirkan Aplikasi Kartu Keanggotaan...

Image

Rapat Sosialisasi Web Pusjasa...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022

Terkait peringatan Hari Tahun Baru Islam maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada Sabtu, 30 Juli 20....

Selasa, 02 Agustus 2022