Koleksi Audio Visual sarat dengan ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam menunjang penelitian para ahli dalam melengkapi tulisan dalam bentuk gambar (citra), gambar bergerak, dan suara. Koleksi audio visual juga merupakan hasil alih media dari koleksi Perpustakaan Nasional ke dalam bentuk mikrofilm dan mikrofis serta digital dalam rangka menjaga kelestarian fisik asli koleksi sehingga pemustaka tetap dapat memanfaatkan informasi yang dibutuhkannya. 

Koleksi Audio Visual terdiri dari:

  • Koleksi mikrofilm adalah film analog 35 mm dalam format film positif dan berisikan rekaman foto bahan tertulis, tercetak, dan sebagainya dalam ukuran yang sangat kecil. Dalam rangka melestarikan isi kandungan koleksi surat kabar langka yang dimuat dalam bentuk kertas, maka koleksi tersebut direproduksi atau dialih mediakan ke dalam bentuk film. Koleksi yang dialihmediakan adalah surat kabar langka di mana fisiknya tidak memungkinkan lagi untuk dilayankan kepada pemustaka. Surat kabar tertua yang alihmediakan dalam bentuk mikrofilm adalah surat kabar Bataviasche Koloniale Courant berbahasa Belanda terbit pada tanggal 5 Januari 1810.
  • Koleksi mikrofis adalah lembaran film berukuran 10.2 x 15.2 cm untuk merekam gambar keluaran cetak seperti gambar foto analog tetapi dalam format film negatif. Selembar film analog menyimpan 270 halaman gambar. Adapun isi dari mikrofis adalah disertasi, makalah, statistik dan lain-lain pada masa lalu.
  • Koleksi kaset, pita kaset, atau yang biasa disebut tape adalah media penyimpan data suara dalam bentuk pita analog yang umumnya berupa lagu dan ceramah. Kaset adalah koleksi yang sangat unik karena merupakan koleksi lama dari awal tahun 1970an.
  • Koleksi video, atau yang biasa disebut video kaset adalah media penyimpan data gambar bergerak dalam bentuk pita analog 16 mm yang umumnya berupa lagu dan gambar bergerak dokumentasi (film dokumenter). Jenis video kaset terdiri dari betacam, betamax, VHS, S-VHS. 
  • Koleksi CD-ROM, CD,VCD dan DVD yang berisi tentang musik, film, pelajaran, surat kabar dan majalah. Untuk memutar CD-Rom, CD, VCD, dan DVD tersedia alat pemutar berupa: komputer, video player dan tape recorder.

Layanan Audio Visual menyediakan sejumlah fasilitas antara lain katalog online, ruang baca yang nyaman dan luas, ruang diskusi kelompok, teater mini, mikrofilm reader, mikrofis reader komputer, headset, video player, dan tape recorder.

Panduan Akses

Layanan Audio Visual menggunakan sistem tertutup dan hanya dilayankan di tempat. Untuk pemanfaatan koleksi mikrofilm, mikrofis, kaset, video pemustaka tidak dapat langsung mengambil dari rak penyimpanan tetapi melalui pustakawan berdasarkan hasil penelusuran pemustaka. Khusus koleksi VCD dan DVD gambar bergerak (film) yang disimpan di ruang layanan, diterapkan sistem terbuka. Semua anggota Perpusnas dapat datang langsung ke lantai 8, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat serta memanfaatkan katalog online maupun katalog mikrofilm di ruang baca untuk menelusur koleksi audio visual. Untuk informasi lebih lengkap mengenai layanan ini, silakan menghubungi pustakawan kami melalui WhatsApp 0822 8877 3242.

Diperbarui: 8 Juli 2021

Visits: 920 Today: 11 Total: 154073