Berita pujasintara

17 Ribu Pemustaka Manfaatkan Livechat Perpusnas Sepanjang Tahun 2021

Image

Fitur tanya pustakawan atau ask librarian via livechat di laman perpusnas.go.id merupakan salah satu inovasi dari Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) sejak 2020. Kehadiran fitur ini tidak sengaja bertepatan dengan kebijakan lockdown dari Pemerintah pada Maret 2020 yang kemudian menjadi layanan yang diandalkan Perpusnas selama masa lockdown imbas dari pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Pada fitur ini, pemustaka dapat berinteraksi dengan pustakawan Perpusnas secara realtime lewat media chat secara online. Dalam fitur ini pemustaka dapat menanyakan atau meminta bantuan seputar penelusuran informasi, data, dan bimbingan penelusuran. Tanya pustakawan merupakan fitur yang dikelola langsung oleh kelompok layanan referensi virtual di Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Pengelola fitur ini merupakan pustakawan referensi Perpusnas yang terdiri dari empat orang dan dibantu oleh beberapa pustakawan dari kelompok layanan lain di Perpusnas.

Pada 2021 tercatat 17.827 pemustaka memanfaatkan livechat, angka ini meningkat sekitar 37% dari tahun sebelumnya. Belasan ribu pemustaka yang memanfaatkan livechat ini tersebar dari sabang sampai dengan merauke. Tiga lokasi pemustaka terbanyak adalah DKI Jakarta dengan 4.312 pemustaka, disusul Jawa Barat dengan 2.059 pemustaka, dan Jawa Timur dengan 1.715 pemustaka. Sementara itu tiga provinsi dengan akses paling sedikit di livechat adalah Gorontalo dengan 6 pemustaka, Bangka Belitung dengan 3 pemustaka, dan Maluku Utara dengan 2 pemustaka. Belum meratanya jumlah pemustaka yang mengakses livechat dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti masih belum tersosialisasikannya layanan tanya pustakawan via chat ke daerah tertentu, jaringan internet dan listrik yang belum memadai. Selain diakses dari dalam negeri, livechat Perpusnas juga diakses oleh pemustaka dari luar negeri seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Malaysia, Australia, Mesir, Romania, Sri Langka, Norwegia, dll. Hal ini menunjukkan bahwa livechat Perpusnas tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia saja, tapi seluruh orang di dunia bisa mengakses livechat dan berinteraksi langsung dengan pustakawan Perpusnas secara online. Pertanyaan yang diterima di livechat juga sangat beragam dan didominasi oleh pertanyaan seputar bimbingan pemustaka dan penelusuran. Diluar dari dua kategori pertanyaan tersebut, pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan di livechat adalah seputar lupa keanggotaan, kepustakawanan, dan lainnya.

Jika Sahabat Perpusnas ingin memanfaatkan fitur livechat ini bisa akses langsung di laman perpusnas.go.id namun jangan lupa untuk mencatat jadwalnya sebagai berikut:

Jam Layanan Reguler Livechat

Senin – Kamis, 09.00 – 15.00 WIB

Jumat, 09.30 – 15.30 WIB

Tambahan Jam Layanan Livechat

Senin – Kamis, 16.00 – 18.30 WIB

Jumat, 16.15 – 18.30 WIB

Sabtu 09.00 – 15.00 WIB

Hari minggu, libur nasional & cuti bersama layanan livechat TUTUP


Reportase: Achmad Riyadi Alberto