Berita pujasintara

Bimbingan Pemustaka Online: Sosialisasi pemanfaatan e-resources Perpusnas RI kepada Sivitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia

Image

Rabu, 24 Februari 2021 Perpustakaan Nasional RI kembali menyelenggarakan sesi kegiatan bimbingan pemustaka secara online kepada Sivitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Acara webinar dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali sambutan dari pihak STEI yakni Dr. Dahlifah, SE., M. Si., CSRS., CSRA. Selaku Kepala Departemen Akuntansi dan Dr. Diah Pranitasari.,IR.,MM. Selaku Kepala Departemen Manajemen. Sambutan dari Pihak Perpustakaan Nasional RI diwakili oleh Ibu Yuliatry Bunga, S.IPI selaku Koordinator Kelompok Subtansi Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan. Dalam sambutan tersebut mereka menekankan pentingnya perpustakaan sebagai sumber ilmu pengetahuan dan wadah untuk terus berinovasi dan berkreatifitas.

Kegiatan berlanjut dengan pengenalan profil Perpustakaan STEI yang disampaikan oleh Ibu Siti. Masruroh.S.IP selaku Kepala Bagian Perpustakaan STEI dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai Perpustakaan Digital STEI oleh Bapak Miftahudin, Amd. selaku Kasubag Perpustakaan Digital STEI. Kegiatan selanjutnya yaitu sosialisasi pemanfaatan koleksi digital Perpustakaan Nasional diantaranya e-resources, IOS, iPusnas dan Keanggotaan Online. Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta dari STEI. Animo peserta yang sangat tinggi terlihat dari jumlah pendaftar dalam akun zoom berjumlah 545 peserta, namun karena keterbatasan kuota zoom maka tidak semua peserta yang sudah mendaftar dapat masuk zoom acara. Bagi peserta yang tidak dapat masuk, dapat menyimak acara melalui youtube channel WBS Perpusnas. Jalannya acara dipandu oleh Host Arieni Delia Sari, S.IP dan Moderator oleh Ibu Yuli Maryani, S.Sos, M.Si

Kesan positif datang dari peserta kegiatan seperti Annisa Dwi Kusuma mahasiswa STEI yang mengatakan bahwa “Webinar ini sangat bagus untuk masa pandemi saat ini, cara penyampaiannya dengan jelas dan rinci”. Tanggapan yang baik pun diutarakan oleh Flourien Nurul Ch., SE., MSi., Ak., CA. Kaprodi D3 Akuntansi, beliau mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, baik itu mahasiswa baru atau mahasiswa yang sedang menyusun skripsi dan thesis. Semoga dengan mengikuti acara ini, wawasan mahasiswa lebih terbuka dan terdorong untuk melakukan penelitian terkait issue issue terkini” Kesan yang baik juga datang dari Lily Dahlia bahwa “acara literisasi ini sangat bagus sekali karena berguna untuk pustakawan dan mahasiswa ,khususnya di STEI ini, semoga acara ini terus di adakan untuk kedepannya”.

Kesan, tanggapan dan animo yang positif dari para peserta memberikan motivasi lebih kepada kami untuk terus meningkatkan mutu layanan kegiatan bimbingan pemustaka baik secara tatap muka secara langsung maupun secara daring. Oleh karena itu, kami mengundang kepada perguruan tinggi di Indonesia khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk bersama memanfaatkan layanan ini yang dapat dilakukan dengan mengirimkan surat melalui email [email protected] bila ingin mengadakan acara serupa. Salam Sehat, Salam Literasi.