Berita pujasintara

Duta Baca Indonesia 2021-2025 dan Kartu Keanggotaan Perpusnas RI.

Image

Covid-19 telah merubah banyak hal yang ada disekitar kita, salah satunya pelayanan pendaftaran dan pencetakan kartu keanggotaan Perpusnas RI yang ada di lantai 2 gedung layanan Pusat Jasa Informasi dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Selama masa pandemi covid-19 ini, Perpusnas RI membatasi kuota pencetakan kartu anggota perpustakaan menjadi 300 orang setiap harinya. Hal ini dilakukan sehubungan dengan adanya anjuran pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19 di wilayah perkantoran. Kartu anggota Perpusnas RI memiliki banyak sekali manfaat, yaitu anggota berhak mendapatkan dan memanfaatkan fasilitas layanan jasa perpustakaan dan informasi yang berupa :

  1. Sarana penelusuran (kartu katalog maupun OPAC).
  2. Sarana ruang baca (buku, majalah, surat kabar, audio visual, dan koleksi langka).
  3. Pemesanan koleksi sebanyak 3 (tiga) judul khusus untuk buka setiap kali permintaan.
  4.  Pembuatan reproduksi koleksi baik dalam bentuk fotokopi, rekaman, bentuk mikro maupun digital (untuk jasa ini dikenakan biaya sesuai peraturan yang berlaku).
  5. Mengikuti seleksi dan kompetisi dalam pemilihan pengunjung Perpustakaan Nasional RI terbaik (Diselenggarakan untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Budaya Baca pada setiap tanggal 14 September).
  6. Mengikuti bimbingan dan penyuluhan tentang Perpustakaan Nasional RI.

Salah satu pegiat literasi di Indonesia yang juga adalah Duta Baca Indonesia 2021-2025 Gol A Gong dalam kunjungannya kamis, 3 Juni 2021 lalu menyempatkan diri untuk membuat kartu anggota Perpustakaan di Gedung Layanan Pusjasintara Perpusnas RI yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat. Ia juga mengajak istri tercintanya Tias Tatanka untuk turut serta menjadi anggota Perpustakaan Nasional. Gol a gong berharap akan semakin banyak masyarakat yang menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI mengingat begitu banyaknya manfaat yang bisa didapat dari kepemilikan kartu keanggotaan ini. Apalagi sekarang buku-buku yang ada di layanan monograf terbuka sudah bisa dipinjam oleh anggota meskipun masih terbatas untuk anggota yang berdomisili di seputaran Jabodetabek.