Berita pujasintara

Eksistensi Perpustakaan Nasional RI Dalam Indonesia Science Expo 2019

Image

Pada tanggal 23-26 Oktober 2019, Perpustakaan Nasional RI ikut berpartisipasi sebagai peserta pameran dalam acara tahunan LIPI, yaitu Indonesia Science Expo 2019 yang tahun ini diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang.

Indonesia Scence Expo tahun ini mengambil tema “Today and Beyond”. Berdasarkan tema tersebut, pameran Perpustakaan Nasional RI menampilkan perkembangan media penyimpanan koleksi Perpustakaan Nasional Ri. Perkembangan media penyimpanan memberikan gambaran bahwa informasi yang ada dari zaman dahulu, maupun saat ini, akan selalu bermanfaat hingga masa depan tanpa adanya batasan. Oleh karena itu, berbagai media penyimpanan dikembangkan dan dimanfaatkan dalam rangka melestarikan koleksi dan segala informasi yang ada di Perpustakaan Nasional RI agar dapat terus menjadi sumber segala informasi yang dibutuhkan semu orang. Beberapa contoh koleksi yang menggambarkan tema tersebut ditampilkan, mulai dari koleksi tercetak beralih ke bentuk mikrofis dan mikrofilm lanjut betamax, kaset, cd/ dvd dan saat ini pada media cloud storage melalui jaringan internet. Tampilan tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran bahwa Perpustakaan Nasional RI akan selalu bermanfaat “Today and Beyond”.

Tidak hanya itu, pada pameran kali ini, Perpustakaan Nasional RI juga menyediakan layanan keanggotaan untuk pendaftaran anggota dan cetak kartu anggota Perpusnas. Selain itu, Perpusnas menghadirkan beberapa pustakawan yang akan memberikan pengenalan dan bimbingan tentang tata cara penggunaan koleksi online Perpusnas RI.