Berita pujasintara

Hari Kunjung Perpustakaan: Kunjungan Virtual Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta ke Perpustakaan Nasional RI

Image

Hari Kunjung Perpustakaan pertama kali digelar pada 14 September 1995. Peringatan ini berawal dari surat Kepala Perpustakaan Nasional RI nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995 kepada Presiden RI kala itu, Soeharto. Surat tersebut mendapatkan respons dari Soeharto dan beliau meresmikannya pada 14 September 1995. Di saat yang sama, bulan September juga diresmikan sebagai bulan Gemar Membaca.

Hari Kunjung Perpustakaan menjadi momentum yang sangat istimewa untuk dirayakan dengan berbagai kegiatan, bukan hanya Perpustakaan Nasional (Perpusnas) saja tetapi juga perpustakaan daerah, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan khusus lainnya.

Sayangnya perayaan Hari Kunjung Perpustakaan masih terkendala Pandemi Covid-19, sehingga Perpustakaan Nasional RI belum bisa menerima kunjungan kelompok secara onsite dari instansi/sekolah lainnya. Namun solusi hal tersebut, Perpustakaan Nasional RI telah memberikan pelayanan kunjungan virtual yang dapat dimanfaatkan. Pemohon kunjungan virtual dapat mengirimkan permintaan kunjungan virtual ke email [email protected].

Seperti hari ini, Selasa, 14 September 2021 Tim Kunjungan dan Tur Perpustaakaan bersama Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta mengadakan Kunjungan Virtual dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan. Kunjungan virtual ini berlangsung selama 2 jam, mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Peserta kunjungan berjumlah sekitar 88 peserta baik dari guru-guru dan siswa/siswi TK.

Kegiatan kunjungan dibuka dengan doa oleh ibu Ika Karmila, guru kelas RA Istiqlal yang berperan sebagai MC kunjungan. Sambutan kunjungan virtual dari Kepala Sekolah Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta. “Selain untuk memperingati Hari Kunjung Perpustakaan, Kunjungan virtual ini bertujuan mengenalkan perpustakaan sedari dini kepada anak-anak. Sehingga budaya gemar membaca di Indonesia dapat meningkat seperti harapan Soeharto saat menetapkan tanggal 14 September sebagai hari Kunjung Perpustakaan dan bulan Gemar Membaca.” Ujar Zatiah Lesyani, S.Pd.I.

Pemateri kunjungan virtual hari ini, berasal dari Tim Kunjungan dan Tur Perpustakaan Nasional RI, yaitu Yayi Swastikaningtyas Insani, S.Sos, Erni Nur Maulina, S.S, dan Resti Fatmawati, S.I.Pust. Selesai materi pada sesi tanya jawab terliat siswa/siswi berantusias dalam mengikuti kegiatan kunjungan. Antusias mereka terbukti dari semangat anak-anak dalam bertanya saat sesi tanya jawab. Sebagian besar pertanyaan mengenai tata cara peminjaman koleksi. Emil dari kelas A3 bertanya, “Berapa lama waktu kita bisa meminjam buku? “Apakah ada ruang komputer untuk internet di Perpustakaan Nasional?” tanya Nindi dari kelas B2. Pertanyaan lain terlontar dari Ubay, kelas B2. Ia menanyakan bagaimana cara peminjaman buku dan biayanya. Acara kunjungan virtual diakhiri dengan sesi foto bersama.