Berita pujasintara

KATAKERJA BERBAGI CERITA BERSAMA LIBTALK

Image

Setelah vakum selama satu bulan, pada hari Kamis 4 Juni 2021 pukul 09.00 Libtalk hadir kembali dengan tema “BERBAGI RUANG PUSTAKA” Berbagi cerita literasi mengembangkan perpustakaan komunitas dengan Katakerja.

setelah vakum selama satu bulan, pada hari Kamis 24 Juni 2021 pukul 09.00 Libtalk hadir kembali dengan tema “BERBAGI RUANG PUSTAKA” Berbagi cerita literasi mengembangkan perpustakaan komunitas dengan Katakerja. Katakerja sebagai perpustakaan komunitas diwakili oleh Runi Virnita Mamonto, atau Kak Vini yang didapuk sebagai Manajer Program & Sosial Media Katakerja. Acara dipandu oleh Susi Setiyani dan dibuka oleh Bapak Arief Wicaksono, M.Hum selaku sub koordinator Layanan Referensi, Monografi, Berkala mutakhir dan Multimedia memberikan arahan kegiatan Libtalk yang ingin dibangun untuk berbagi dan berjejaring sesama para pustakawan dan pegiat literasi agar dapat bersama-sama mengembangakan literasi dan ilmu pengetahuan bidang perpustakaan.

Kak Vini memberikan kisah bagaimana Katakerja dibentuk, dan berkembang hingga saat ini, dengan moderator Ayu K Putri, seorang pustakawan dari layanan rujukan perpusnas memberikan kisah dan program kegiatan yang dilakukan. katakerja yang dibangun pada tahun 2014 berawal dari aksi active society institute dibentuk sebagai program pendamping kegiatan masyarakat urban, dengan fungsi dan tujuan untuk mempermudah akses terhadap buku, kritik terhadap perpustakaan pemerintah dan memberikan ruang publik bagi masyarakat. Siapa saja dapat menjadi anggota perpustakaan calon pembaca diharapkan membawa 2 buku koleksi yang dibawa untuk dapat berbagi bacan dan mengembangan koleksi di kata kerja, kata kerja sendiri mengawali dengandari 1200 koleksi hingga 2426 koleksi dari berbagai subjek tentang sastra, sosial hingga filsafat.

Harapan ini dibangun untuk memberikan wadah bagi bertemunya masyarakat urban sebagai respon atas ruang publik yang terbatas di kota makassar. Katakerja berupaya hadir membawa bacaan yang berkualitas dengan mengenalkan setiap buku satu dengan yang lainnya, lebih jauh lagi Katakerja mempunyai misi perpustakaan adalah media sosial offline yang menjunjung tinggi nilai-nilai bersama dan melindungi kesetaraan. selain perpustakaan katakerja juga melaksanakan program dan kelas-kelas yang dibuat untuk menyatukan kegiatan mereka seperti kelas menulis, kelas sosial, kelas berfikir kritis dan bercerita. kegiatan ini dapat diikuti oleh siapa saja, bahkan lebih jauh mereka membuat grup musik/band dengan nama kapal kertas yang menyuarakan suara-suara akar rumput. Dengan adanya berbagai kegiatan Katakerja dibantu dengan pendanaan dari komunitas Ininnawa, bekerja sama dengan pihak lain, membuka toko hingga donasi. pada masa pandemi ini Kata kerja mencoba untuk terus berlangsung dengan mengalihkan berbagai kegiatan medium ke virtual, membuka operasional perpustakaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan hingga berkolaborasi dengan pihak lain untuk melakukan kegiatan outdoor.

Libtalk kali ini diikuti peserta dari seluruh Indonesia dengan latar belakang pustakawan, mahasiswa, pemerhati, tenaga pendidik hingga masyarakat umum yang berjumlah 319 peserta yang hadir secara langsung melalui zoom meeting serta diikuti melalui kanal youtube radio WBS Perpusnas. semoga kehadiran Libtalk mendatang membawa tema-tema yang menarik dan dapat memberikan inspirasi pagi semua yang peduli dengan perpustakaan dan literasi.