Berita pujasintara

Kegiatan Cetak Kartu Anggota Perpusnas RI dalam meningkatkan Literasi Informasi bagi Peserta PPRA

Image

Jakarta – Perpustakaan Nasional RI mengadakan kegiatan cetak kartu di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI pada tanggal 2 Februari 2021.

Kegiatan ini diadakan untuk mendukung Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Lemhanas Tahun 2021 serta meningkatkan literasi informasi dengan memanfaatkan sumber daya Perpusnas baik itu koleksi tercetak maupun koleksi digital. Diharapkan peserta PPRA Lemhanas tahun 2021 dapat memperoleh sumber informasi secara maksimal.

Hal senada juga diutarakan oleh Kepala Biro Humas Lemhanas RI Brigjen TNI Agus Arif Fadilla S.I.P “Bahwa dalam kegiatan pelaksanaan belajar mengajar di Lemhanas RI selaku peserta pendidikan kepemimpinan tingkat nasional tentu memerlukan referensi dan bahan pustaka yang sangat banyak. Hal tersebut tidak dapat dipenuhi langsung oleh Perpustakaan Lemhanas RI. Dengan menggandeng Perpustakaan Nasional yang tentu mempunyai bahan pustaka yang jauh lebih banyak dan mempunyai jaringan perpustakaan di tingkat dunia dengan online sistem katalognya tentu sangat bermanfaat bagi kita lemhanas RI khusus peserta PPRA 62. Mudah-mudahan kerjasama yang telah terjalin ini dapat berlangsung terus menerus dan seluruh peserta PPRA 62 dapat memanfaatkan kartu ini untuk memudahkan akses ke Perpustakaan Nasional dalam rangka mencari bahan pustaka, mencari referensi dan pembuatan kertas karya acuan di tahap akhir nanti serta tulisan-tulisan baik essay maupun kajian-kajian yang lain di Lemhanas RI” Ucapnya, Selasa (2/2/2021).

Cetak kartu anggota di Lemhanas adalah wujud dari keberlanjutan Nota Kesepahaman antara Lemhanas RI dengan Perpusnas RI yang telah dilakukan pada tanggal 10 September 2019.

Perpusnas RI selalu memberikan informasi-informasi baru yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Perpusnas telah mengembangkan beberapa layanan online, yakni Indonesia One Search (IOS), E-Resources, Khasanah Nusantara (Khastara) dan aplikasi iPusnas.

Sebanyak 89 kartu tercetak yang terdiri 79 peserta PPRA dan 10 dari pegawai Lemhanas.

Sebelum kegiatan cetak kartu anggota, peserta PPRA diminta untuk mendaftar online terlebih dahulu sehingga pada saat cetak kartu prosesnya sangat mudah dan cepat.