Berita pujasintara

Layanan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi bersama SMA Islam Al-Azhar 7 Solo

Image

Jumat 15 Oktober 2021 Perpustakaan Nasional kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan bimbingan pemustaka secara daring kepada seluruh lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. Tema kegiatan ini adalah pemanfaatan koleksi digital Perpusnas RI bersama Sekolah Islam Al Azhar 7 Solo Kota Baru. Kegiatan ini terasa spesial karena dapat sharing kepada rekan guru dan adik – adik pelajar SMA. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Bahasa yang dilaksanakan pihak sekolah dengan melakukan kegiatan lomba resensi buku, lomba literasi dan lomba poster. Kesemuanya itu untuk menumbuhkan minat literasi pelajar untuk mewujudkan prestasi di masa mendatang.

Kegiatan webinar bulan Bahasa ini terwujud karena kerja sama yang baik antara Perpustakaan Nasional RI dengan SMA Islam Al Azhar 7 Solo. Kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari kepala Sekolah SMA Islam Al Azhar 7 Solo. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselenggarakan kegiatan yang baik ini.

Acara selanjutnya yakni paparan dari pustakawan Perpustakaan Nasional Arieni Delia Sari yang menjelaskan mengenai Fasiltas dan koleksi Perpustakaan Nasional ditambah dengan cara penggunaan aplikasi iPusnas. Para peserta juga diajak untuk memasang aplikasi iPusnas di perangkat gawainya masing – masing dan praktek meminjam buku secara daring.

Materi selanjutnya yakni pemanfaatan e-resources untuk pelajar dalam mendukung kegiatan belajar. Paparan disampaikan dengan diawali penjelasan mengenai pentingnya e-resources sebagai sumber informasi yang bertanggung jawab sebagai bahan rujukan pelajar dalam memperluas wawasan ilmu pengetahuan. Bagi Sekolah – sekolah di seluruh Indonesia, silahkan berkirim surat melalui email ke [email protected] agar dapat melakukan kerja sama serupa diatas. Kami tunggu kerja samanya. Salam Sehat Salam Literasi