Berita pujasintara

Layanan Koleksi Anak : antusiasme anak-anak berkunjung secara onsite selama pandemi

Image

Medan Merdeka Selatan – Sejumlah anak-anak tampak mulai mengunjungi Layanan Koleksi Anak, Pusat Jasa Informasi dan Naskah Nusantara, Perpustakaan Nasional RI, Rabu (22/10/2020). Layanan Perpusnas, buka kembali Senin, (12/10/2020) setelah sebelumnya ditutup sementara pada PSBB transisi kedua DKI Jakarta, dengan membatasi kuota pemustaka sebanyak 500 orang, namun hal tersebut, tidak mengurangi antusiasme pemustaka yang berkunjung onsite ke Perpusnas termasuk di Layanan Koleksi Anak.

Tidak dapat dipungkiri, masa pandemi membuat anak-anak dan orang tua mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke Perpustakaan Nasional kembali, karena kekhawatiran akan penularan covid 19 di area publik. Seiring waktu serta memberikan ruang bagi anak-anak agar merefresh kembali dari kejenuhan hanya belajar dan bermain dirumah, berkunjung ke Perpusnas membuat anak-anak sejenak keluar dari rutinitas keseharian di rumah saja.

Anak-anak yang datang berkunjung berasal dari Jabodetabek. Anak-anak yang datang, wajib di dampingi orangtuanya atau orang dewasa (kakak, om, dan tante), ruang Layanan Koleksi Anak pun dibatasi sejumlah 20 orang,saling menjaga jarak dan menggunakan masker. Bagi anak-anak yang memiliki keterbatasan waktu dalam membaca, dapat meminjam buku yang diinginkan, orang tuanya atau pendampingnya harus memiliki kartu anggota Perpusnas kemudian menyerahkan buku dan kartu anggota tersebut pada Pustakawan yang bertugas di Layanan Koleksi Anak untuk di proses peminjaman dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh Perpusnas.