Berita pujasintara

Layanan Sirkulasi Koleksi di Perpustakaan Nasional RI Periode Juli 2021

Image

PENDAHULUAN

Perpustakaan Nasional RI menerapkan kebijakan peminjaman koleksi kepada pemustaka untuk dibawa pulang, layanan yang memberikan pinjaman kepada pemustaka adalah Layanan Monograf Terbuka lantai 21/22 dan Layanan Anak di lantai 7. Kebijakan peminjaman diberlakukan mulai bulan Juli 2020, peminjaman masih terbatas kepada pemustaka yang memiliki alamat identitas di wilayah Jabodetabek sedangkan bagi pemustaka yang memiliki identitas diluar wilayah Jabodetabek jika akan meminjam koleksi harus memberikan surat keterangan domisili dari wilayah dimana pemustaka itu berdomisili, kebijakan ini diberlakukan untuk memudahkan pemantauan terhadap koleksi yang dipinjam.

Peminjaman dapat dilakukan di Layanan monograf Terbuka dengan cara membawa koleksi dan kartu anggota ke meja sirkulasi untuk dilakukan transaksi peminjaman. Peminjaman pertama berjumlah sebanyak 3 (tiga) eksemplar buku dengan masa pinjam selama 7 hari, setelah diberlakukannya peminjaman sejak bulan Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 (1 tahun) sebanyak 57.589 koleksi perpustakaan dipinjam pemutaka dengan rincian sebanyak 2.289 eksemplar di Layanan Koeksi Anak dan sebanyak 45.300 eksemplar di Layanan Monograf Terbuka.

 

SIRKULASI

Peminjaman koleksi pada Kelompok Layanan Monograf Terbuka dan Kelompok Layanan Anak pada bulan Juli 2021 adalah sebanyak 3 eksemplar dan pengembalian koleksi sebanyak 1626. Data sirkulasi sebagai berikut :

  • Peminjaman
  • Layanan anak 0 eksemplar
  • Layanan Monograf Terbuka 3 eksemplar
  • Pengembalian
  • Layanan anak 144 eksemplar
  • Layanan Monograf Terbuka 1.482 eksemplar

 

Sirkulasi pada bulan Juli 2021 terkendala dengana adanya kebijakan pemerintah menerapkan kebijakan PPKM level 4, sehingga peminjaman koleksi perpustakaan ditutuup akan tetapi sistem pengembalian tetap dibuka karena perpustakaan nasional memiliki sistem pengembalian mandiri yaitu book drop  yang berlokasi di loby perpustakaan. Kesadaran pemustaka untuk mengembalikan peminjaman koleksinya.

  

KESIMPULAN

Peminjaman sejak bulan Juli 2020 sampai dengan Juli 2021 (1 tahun) sebanyak 57.589 koleksi perpustakaan dipinjam pemutaka dengan rincian sebanyak 2.289 eksemplar di Layanan Koleksi Anak dan sebanyak 45.300 eksemplar di Layanan Monograf Terbuka.

Pemijaman koleksi setiap bulannya mengalami fluktuatif data bulan Juli menunjukan 7.429 eksemplar dipinjam dan sebanyak 7.547 eksemplar dikembalikan pemustaka, jika melihat angka ini berarti kesadaran mengembalikan peminjaman koleksi sudah mulai tinggi karena ada selisih jumlah antara pengembalian dan peminjaman yaitu sebesar 118 koleksi.