Berita pujasintara

Literasi Layanan Digital Perpusnas di International Edutech Expo 2023

Image

Jakarta – Pameran tentang pendidikan tinggi, beasiswa, pelatihan profesional, teknologi, dan gaya hidup terbesar di Indonesia kembali digelar pada 16-19 Februari 2023 di Hall B, Jakarta Convention Center Senayan, Jakarta Pusat. Pameran bertajuk Indonesia Edutech Expo ini merupakan gabungan dari beberapa pameran, yaitu Indonesia International Education and Training Expo & Conference (IIETE), Indonesia Millenial Festival (IMF), dan Indonesia International Scholarship Week (IISW). Tujuan pameran ini untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa, khususnya pelajar sekolah menengah atas mengenai beragam kampus dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia, termasuk ragam program studi, jenjang pendidikan, hingga rincian biaya pendidikan, serta beasiswa yang tersedia.


Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) melalui Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara turut berpartisipasi dalam memeriahkan pameran yang juga diikuti oleh berbagai universitas, sekolah tinggi, dan lembaga pendidikan itu. Perpusnas hadir dengan tujuan mendukung literasi pendidikan melalui perpustakaan, terutama untuk mempromosikan koleksi digital unggulan Perpusnas. Harapannya, sumber-sumber digital tersebut mampu menjadi sumber informasi dan pengetahuan yang mudah dijangkau oleh pelajar pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Koleksi digital tersebut yaitu iPusnas, BintangPusnas, e-resources, Khastara, dan Indonesia Onesearch.


Dalam pameran ini, Perpusnas membuka layanan pendaftaran dan pencetakan kartu anggota. Para pengunjung dan peserta pameran berbondong-bondong untuk mendaftar setelah mengetahui manfaat menjadi anggota Perpusnas. Selama empat hari pameran, terdapat 450 orang mendaftar dan 400 di antaranya telah mencetak kartu anggota.


Sebastian, pelajar yang mengunjungi pameran, menyampaikan antusiasmenya terkait layanan pencetakan kartu dalam pameran tersebut. “Sudah lama sekali ingin ke Perpusnas tapi belum sempat. Sekarang sudah cetak kartu di sini, jadi nanti pas ke Perpusnas bisa langsung pinjam buku,” ujar Sebastian.


Penulis : Nadia Aprilia Prayitna (Pustakawan Tim Layanan Pameran dan Promosi Perpustakaan di Dalam dan Luar Negeri)

Editor : Amri Mahbub Alfathon