Berita pujasintara

Mengenal Lebih Dekat Duta Perpusnas di Widya Bahana Swara

Image

Perpusnas, Jakarta. Duta Perpusnas melakukan siaran di Widya Bahana Swara Radio Streaming Perpusnas, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 pada tanggal 7/08/2020. Dihadiri oleh Yosua, Putri, Degum dan Dila sebagai narasumber serta Tiara sebagai penyiar. Kegiatan ini dilakukan untuk mensosialisasikan fungsi Duta Perpusnas sekaligus memperkenalkan beberapa Duta Perpusnas.

Yosua menjelaskan bahwa Duta perpusnas adalah sekumpulan karyawan yang dipilih dan dianggap bisa mewakili wajah pelayanan yang “PASTI”, ditempatkan di beberapa titik yaitu di loby, BCB dan tempat membuat kartu anggota, bertugas untuk melayani para pemustaka/pengunjung yang datang ke Perpusnas serta melayani mereka dengan maksimal dan prima. “Duta Perpusnas singkatnya adalah Garda terdepan Perpusnas,  bisa menjadi representasi Perpusnas” tambah Putri.

Menurut Degum fungsi Duta Perpusnas ini sama dengan pustakawan lainnya hanya bedanya adalah Duta Perpusnas ini berada di paling depan, lebih mendekat kepada pemustaka, lebih dulu menyapa, melayani dan menawarkan bantuan kepada pemustaka yang datang. “Bukan berarti pelayanan itu hanya memberikan dari segi informasi tapi sebelum sahabat Perpusnas sempat menanyakan informasi, diawali dengan senyum salam sapa” ujar Dila.

Dijelaskan bahwa sistem masuk ke Perpusnas di masa pandemi dibatasi 1.000 orang perhari, harus memiliki QR-Code kunjungan dan jika ada kesulitan Duta Perpusnas siap membantu. Dalam melayani pemustaka, Duta Perpusnas dan petugas lainnya menggunakan masker dan faceshield dan bagi yang bersentuhan langsung dengan koleksi dilengkapi dengan sarung tangan serta menjaga kebersihan dengan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer.

Diceritakan pula kesan-kesan ketika bertugas menjadi Duta Perpusnas, dari beberapa kali mendampingi dan menyambut Menteri, pejabat dan Duta Besar Uzbekistan yang memiliki acara di Perpusnas hingga cerita seorang anak yang ingin menjadi Duta Perpusnas.  “Harapannya untuk para pemustaka dapat lebih memanfaatkan kami, memanfaatkan ilmu atau bertanya apapun silahkan, semoga keberadaan kami para Duta Perpusnas dapat lebih dirasakan kebermanfaatannya oleh semua pemustaka yang berkiunjung ke perpustakaan Nasional” jelas Putri.