Berita pujasintara

Peringatan Hari Anak Nasional 2019 Di Gd. Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI

Image

Dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 Perpustakaan Nasional RI mengadakan kegiatan Talkshow, Pameran lukisan anak dan Lomba Mewarnai yang terselenggara di Gd. Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11

Kegiatan ini merupakan bagian dari peran Perpusnas RI dalam UU 43 Tahun 2017, dimana perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat demi mencerdaskan anak bangsa yang kreatif, mandiri dan berakhlak mulia.

Talkshow diselenggarakan pada hari Rabu, 24 Juli 2019 Pkl. 10.00 di Lt. 4 Ruang Serbaguna Perpusnas RI. Talkshow dengan tema Ketahanan Keluarga melalui peningkatan peran Laki-laki menghadirkan beberapa narasumber, yaitu dari wakil ketua KPAI ibu Rita Pranawati, MA, Hilmi Wahdi (Psikolog), Teuku Zacky (Artis) dan moderator Adjat Wiratma (executive producer & presenter).

Talkshow dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, ibu Dra. Ofy Sofiana, M.Hum. Dalam sambutannya beliau mengatakan keluarga merupakan unit terkecil dari terwujudnya ketahanan bangsa. Keluarga menjadi tempat pertama bagi anak sebagai tempat penanaman nilai dan karakter di zaman yang deras informasi dan teknologi maka Perpustakaan Nasional turut serta memberikan perannya dalam rangka Hari Anak Nasional 2019.

Laki-laki memiliki peran penting dalam membentuk fondasi ketahanan sebuah keluarga, kaitannya dalam perkembangan karakter anak indonesia yg tumbuh secara sehat dan cerdas. Sehingga Perpusnas sebagai lembaga negara yang bertugas sebagai agent of change turut berperan serta dalam meningkatkan minat baca dan kecerdasan, dimana bekersinambungan akan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat.

Peserta talkshow dihadiri dari kalangan guru, orangtua siswa, komunitas parenting serta masyarakat umum. Mereka antusias dan berharap dapat diundang kembali pada kegiatan Perpusnas selanjutnya.

Dihari yang sama, Lomba Mewarnai diselenggarakan Perpusnas RI sebagai ajang meningkatkan kreativitas dan imajinasi, pola pikir anak serta sebagai sarana promosi langsung Perpusnas RI ke masyarakat. Antusisme lomba mewarnai yang diikuti oleh sekitar 150 peserta dengan usia 5 -7 tahun dari sekitar Jabodetabek.

Tim juri yang berasal dari kalangan Seni, Gramedia dan Pustakawan telah menentukan pemenang 1 atas nama Filly Nirvana, Pemenang 2 Tara Dibbaratana, Pemenang 3 Robiatul Adawiyatu Bilqis, PemenangHarapan I Severine, Pemenang Harapan II Muthiah Anisah Putri, Pemenang Harapan III Nata Azzila Islamadina.

Orangtua peserta lomba sangat antusias dengan lomba lomba untuk putra putri mereka, berharap Perpusnas lebih sering mengadakan kegiatan serupa sebagai ajang meningkatkan kteativitas dan keberanian anak dalam berpartisipasi pada kegiatan bermasyarakat.

Selain Talkshow dan Lomba Mewarnai, Pameran lukisan anak yg diselenggarakan sejak 5 juli 2019 menampilkan karya anak2 dari sekolah darurat kartini didikan ibu Kembar Rosy dan Ryan, beada di area Pameran Lantai 4.