Berita pujasintara

Perpusnas Masih Menutup Gedung Layanan Hingga 4 Juni 2020 Akibat COVID-19

Image

Perpustakaan Nasional RI kembali memperpanjang masa penutupan layanan perpustakaan secara fisik, dari semula hingga 29 Mei 2020 menjadi 4 Juni 2020. Penutupan layanan ini sesuai dengan Surat Edaran MenPANRB Nomor 57 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Bagi Aparatur Sipil Negara Pada Instansi Pemerintah. Perpanjangan masa penutupan ini tidak luput dari kondisi Indonesia yang masih terkena wabah covid-19, dengan adanya penutupan layanan ini diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 secara masif.

Perpustakaan Nasional RI sebagai salah satu Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) memiliki salah satu tugas untuk memberikan layanan publik kepada masyarakat. Informasi seputar layanan publik Perpustakaan Nasional RI yang dapat dirasakan oleh masyarakat dapat dilihat pada web https://sipp.menpan.go.id/pelayanan-publik/wilayah/perpustakaan-nasional-ri

Selama layanan perpustakaan secara fisik tutup akibat wabah covid-19, masyarakat tetap dapat mengakses koleksi digital yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional, diantaranya adalah:

1. iPusnas

iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital milik Perpustakaan Nasional RI yang menyediakan ribuan buku digital (ebook) yang dapat dibaca secara legal dan gratis di aplikasi iPusnas. Hingga saat ini iPusnas menyediakan 50.438 judul buku dengan 591.739 salinan yang terdiri dari buku-buku untuk anak, remaja, bahkan dewasa. iPusnas dapat di dapatkan di windows (PC) ataupun smartphone berbasis Android atau iOS. Informasi lengkap seputar ipusnas dapat diakses pada web https://ipusnas.id/

 

2. e-Resources

Untuk memenuhi kebutuhan pemustaka, Perpusnas melanggan berbagai bahan perpustakaan digital online (e-Resources) internasional seperti jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Setiap anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan telah memiliki nomor anggota yang sah, berhak memanfaatkan layanan koleksi digital online yang kami langgan (e-Resources). e-Resources menyediakan berbagai bahan rujukan bertaraf internasional yang dapat diakses dimanapun dan kapan pun. akses e-resources pada web http://e-resources.perpusnas.go.id/index.php

 

3. Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara)

Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara) merupakan portal web yang berisi kearifan lokal Nusantara. Khastara menyediakan 1.972 judul naskah kuno371 judul buku langka1.552 judul peta5.714 judul foto, gambar, dan lukisan80 judul majalah & surat kabar langka, serta sumber lainnya sebanyak 730 judul. Semua koleksi tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh masyarakat Indonesia lewat web http://khastara.perpusnas.go.id/

 

4. Indonesia Onesearch (iOS)

Indonesia Onesearch (iOS) merupakan pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia. Saat ini terdapat 9.007.774 unik entri dan 12.468.641 entri dengan duplikat di dalam Indonesia OneSearch. Koleksi ini dikumpulkan dengan metode harvesting otomatis dari repositori milik organisasi mitra, yang berasal dari berbagai sektor. Akses iOS pada web https://onesearch.id/

 

Selain mengakses layanan digital yang disebutkan di atas, masyarakat juga dapat memanfaatkan fasilitas Tanya Pustakawan yang tersedia pada portal web Perpusnas RI di https://www.perpusnas.go.id/ .Tanya Pustakawan merupakan sebuah inovasi baru dari Perpustakaan Nasional RI dimana masyarakat dalam melakukan percakapan secara langsung dengan pustakawan dan dapat berkonsultasi seputar referensi, penelusuran data/informasi, keanggotaan, dll. Informasi seputar tanya pustakawan dapat dilihat pada web https://pusjasa.perpusnas.go.id/tanya-pustakawan/

Fitur Tanya Pustakawan yang baru di launching pada 17 Maret 2020 sudah digunakan lebih dari 1.000 orang. Statistik penggunaan fitur Tanya Pustakawan oleh masyarakat dapat dilihat pada infografik dalam galeri pada berita ini.

 

Masyarakat juga dapat bertanya kepada pustakawan seputar referensi dengan mengirim pesan lewat surat elektronik ke alamat layanan_referensi@perpusnas.go.id. Infografis penggunaan Tanya Pustakawan via surat elektronik dapat dilihat pada galeri gambar pada berita ini.

 

Diharapkan dengan adanya layanan-layanan digital dari Perpustakaan Nasional RI dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sehingga kebutuhan informasi masyarakat tetap dapat terpenuhi dengan baik dan tetap #DiRumahAja. Selain itu juga, diharapkan pemustaka dapat dipersiapkan untuk memasuki era “New Normal” karena Layanan Perpustakaan Nasional RI kemungkinan akan terdampak juga sehingga akan ada beberapa penyesuaian baru.

(Achmad Riyadi Alberto)