Berita pujasintara

Perpustakaan Nasional Mendukung Perbukuan Digital

Image

28 Juni 2021 – Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama Ri mengadakan FGD Sosialisasi Penggunaan E-book ke Sekolah dan Madrasah di Aviary Hotel, Bintaro pada tanggal 28 – 29 Juni 2021. FGD ini mengundang Direktur Aksaramaya, Ketua Umum IKAPI Pusat dan Perpustakaan Nasional untuk mendiskusikan buku digital. FGD dihadiri penerbit di Indonesia. 

Berikut ini adalah jadwal FGD:

Senin, 28 Juni 2021

15.30 – 16.00 WIB

Pembukaan oleh M. Arskal Salim GP (Kapuslitbang LKKMO)

16.00 – 17.30 WIB

Sesi 1

Strategi Sosialisasi Perbukuan Digital ke Sekolah dan Madrasah oleh Sulasmo Sudharno (Direktur Aksaramaya)

17.30 – 19.30 WIB

ISHOMA

19.30 – 21.30 WIB

Sesi 2

Kebijakan Perpustakaan Nasional dalam Pengembangan Perbukuan Digital, Perpustakaan Nasional

21.30 WIB

Istirahat

Selasa, 29 Juni 2021

08.00 – 10.00 WIB

Sesi 3

Peluang dan Tantangan Pengembangan Perbukuan Digital bagi Penerbit oleh Arys Hilman Nugraha (Ketua Umum IKAPI Pusat)

10.00 – 12.00 WIB

Diskusi dan Rencana Tindak Lanjut 

Ketua Umum IKAPI Pusat yang juga sekaligus Direktur Republika Penerbit dan Direktur Operasional Republika Media Mandiri Arys Hilman Nugraha mengungkapkan bahwa buku agama dan buku anak termasuk jenis buku yang paling banyak terjual dalam tiga tahun terakhir. Untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses buku agama dan buku anak, maka perlu akselerasi dari pelaku perbukuan; bukan sekedar memproduksi dan menerbitkan buku cetak saja tetapi juga dalam bentuk buku digital.

Sementara Sub Koordinator Layanan Referensi, Monografi, Berkala Mutakhir, dan Multimedia Arief Wicaksono yang mendapatkan tugas untuk mengikuti FGD menyatakan seluruh produk kebijakan terkait perpustakaan berbicara mengenai buku digital. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan dan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak Karya Rekam secara tersurat menyatakan dukungan atas pengembangan buku digital. Perpustakaan Nasional melalui pengembangan aplikasi perpustakaan dalam genggaman, iPusnas adalah bukti dari dukungan pengembangan buku digital. 

Berikut berita terkait:

https://www.republika.co.id/berita/qvgv98374/sistem-perbukuan-nasional-bangun-karakter-bangsa

https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/kapuslitbang-lkkmo-sistem-perbukuan-nasional-membangun-karakter-bangsa


Materi acara ini bisa diakses pada https://old-pujasintara.perpusnas.go.id/wp-content/uploads/2021/07/Pengembangan-Perbukuan-Digital-Perpustakaan-Nasional-Arief-Wicaksono.pdf