Berita pujasintara

Perpustakaan Nasional Raih Zona Hijau untuk Kepatuhan Standar Pelayanan Publik

Image

Perpustakaan Nasional mempunyai indikator kinerja berupa Kepatuhan Standar Pelayanan Publik pada Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi (lihat Renstra Perpustakaan Nasional 2020-2024). Indikator kinerja ini merupakan nilai yang didapatkan melalui penilaian Kepatuhan Atas Standar Pelayanan Publik yang dilakukan oleh Ombudsman RI. Kepatuhan Standar Pelayanan Publik menyasar pada layanan publik yang bersifat administratif di Kementerian/Lembaga.

Penilaian terhadap pemenuhan standar pelayanan tersebut dilakukan oleh Ombudsman RI dengan berpedoman pada kewenangannya yang secara tegas disebutkan dalam Pasal 8 UU No 37 Tahun 2008. Dalam penelitian kepatuhan, Ombudsman RI memposisikan diri sebagai masyarakat pengguna layanan yang ingin mengetahui hak-haknya dalam pelayanan publik, seperti ada atau tidaknya persyaratan pelayanan, kepastian waktu dan biaya, prosedur dan alur pelayanan, sarana pengaduan, pelayanan yang ramah dan nyaman, dan lain-lain. Ombudsman RI tidak menilai bagaimana ketentuan terkait standar pelayanan itu disusun dan ditetapkan, sebagaimana telah dilakukan oleh lembaga lain. Penelitian ini juga tidak untuk menilai efektivitas dan kualitas pelayanan, serta kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, melainkan hanya memfokuskan pada atribut standar layanan yang wajib disediakan pada setiap unit pelayanan publik. (Ringkasan Eksekutif Laporan Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan dan Kompetensi Penyelenggara Pelayanan Sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik)

Pada tahun 2016, Ombudsman RI telah memberikan nilai 98 kepada Perpustakaan Nasional atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Nilai ini mengantarkan Perpustakaan Nasional berada dalam kategori Zona Hijau. Layanan administratif yang dinilai saat itu adalah layanan keanggotaan Perpustakaan Nasional dimana saat itu layanan Perpustakaan Nasional masih menempati di Gedung Perpustakaan Nasional Jalan Salemba Raya.

Di tahun 2021, Ombudsman RI kembali menilai Perpustakaan Nasional atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik. Di tahun ini yang dinilai adalah layanan keanggotaan Perpustakaan Nasional dan layanan Internasional Standar Book Number (ISBN). Pengumuman dilakukan Ombudsman RI secara hybrid pada tanggal 29 Desember 2021. Perpustakaan Nasional mendapatkan nilai 81,30 yang merupakan nilai dalam kategori Zona Hijau. Rekaman penganugrahan dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=CGU9jGpZcPs.