Berita pujasintara

Promosi Layanan Digital dan Keanggotaan Perpusnas untuk Singkawang Hebat

Image

5 April 2021 – Singkawang merupakan salah satu kota dari Provinsi Kalimantan Barat. Perjalanan menuju Singkawang memerlukan sekitar 3 jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Supadio di Pontianak. Kota Singkawang ini ramai jadi perhatian saat dinobatkan sebagai peringkat pertama Kota Paling Toleran di Indonesia 2018 oleh Setara Institute (lihat 6 Fakta Unik tentang Singkawang, Kota Seribu Kelenteng).

Senin, 5 April 2021, Perpustakaan Nasional menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat di Kota Singkawang dan Penandatanganan Nota Kesepahaman Perpustakaan Nasional RI dengan Pemerintah Kota Singkawang dan Perguruan Tinggi di Provinsi Kalimantan Barat. Acara ini dilakukan secara hybrid. Rekaman online dapat dilihat di https://www.youtube.com/watch?v=ckKsrXHAnM4&t=6939s. Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara turut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan melakukan Promosi Layanan Digital dan Keanggotaan Perpustakaan Nasional. Bentuk partisipasinya berupa membuka konter layanan keangggotaan dengan membawa serta dua (2) set perangkat keanggotaan untuk menerima pendaftaran dan pencetakkan kartu anggota Perpustakaan Nasional. Terdata promosi yang dilakukan menjaring 490 orang anggota baru dari masyarakat Singkawang dengan 240 kartu anggota dicetak pada hari H.

Bentuk partisipasi lainnya adalah presentasi Promosi Layanan Digital Perpustakaan Nasional di depan masyarakat yang hadir secara di Gedung Balairung Kantor Walikota Singkawang dan secara online melalui Zoom yang dihadiri lebih dari 2.000 peserta. Presentasi diberikan oleh Arief Wicaksono, pustakawan Perpustakaan Nasional dan dilakukan di awal waktu sebelum acara resmi dimulai. Presentasi promosi layanan di acara kegiatan Peningkatan Indeks Literasi merupakan arahan langsung dari Kepala Perpustakaan Nasional RI yang menyatakan agar kegiatan di Perpustakaan Nasional diselenggarakan secara sinergi dengan pusat-pusat yang ada di Perpustakaan Nasional.