Berita pujasintara

Pujasintara Berhasil Memperpanjang Sertifikat ISO 9001:2015

Image

Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) menerapkan sistem manajemen mutu berbasiskan ISO 9001:2015 sejak tahun 2018. Sebelumnya di tahun 2015, Pusat Jasa Informasi dan Perpustakaan telah menerapkan ISO 9001:2008 untuk ruang lingkup layanan referensi. Namun Pusat Jasa tidak memperpanjang sertifikat ISO tersebut karena hal teknis seperti adanya kegiatan perpindahan layanan dari gedung lama di Jalan Salemba Raya No. 28A ke gedung baru di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11. Sejak tahun 2018, kembali diterapkan sistem manajemen mutu mengingat sistem ini merupakan sistem yang telah terstandarisasi secara internasional.

 

Penerapan sistem manajemen mutu kali ini tidak langsung besar seperti sebelumnya, namun ruang lingkupnya ditambahkan terus menerus ke layanan perpustakaan yang diselenggarakan. Di tahun 2018, ruang lingkupnya hanya terdiri dari 3 layanan, yaitu layanan keanggotaan, layanan koleksi rujukan dan ilmu perputakaan, dan layanan naskah nusantara. Di tahun 2019 dan 2020, ketika surveilance dilakukan perluasan dengan menambah 4 layanan, yaitu layanan koleksi berkala, layanan audio visual, layanan anak, dan layanan buku langka. Di tahun 2021, saat resertifikasi, kembali dilakukan perluasan dengan menambahkan 2 layanan yaitu:

  • Layanan foto, peta, dan lukisan
  • Layanan referensi virtual

Setelah dilakukan audit eksternal, (Baca: AUDIT EKSTERNAL PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU PUJASINTARA) Pujasintara mengirimkan jawaban dari temuan minor dan saran hasil audit resertifikasi yang dilakukan Mutu Agung. Atas hasil jawaban tersebut, maka, diterbitkan Sertifikat ISO 9001:2015 hasil resertifikasi pertama.