Berita pujasintara

Pustakawan Prima untuk Layanan Prima

Image

Bertepatan dengan Hari Kunjung Perpustakaan ke-27, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan focus group discussion (FGD) dengan topik “Layanan Prima” pada, Selasa, 20 September 2022. Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan kompetensi public speaking pustakawan di Perpustakaan Nasional RI maupun di perpustakaan lain yang ada di penjuru negeri. Dr. Dyah Rachmawati Sugiyanto, C.PR., Pranata Humas Madya/Koordinator Komunikasi Publik BRIN dan Dra. Lucya Dhamayanti, M.Hum., pegiat perpustakaan, menjadi pembicara dalam diskusi tersebut.

 

Acara yang diselenggarakan di Ruang Serba Guna, Gedung Fasilitas Perpustakaan Nasional RI, ini dihadiri oleh Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Drs. Agus Sutoyo, M.Si., yang sekaligus membuka acara dan memberikan sambutan. Duta Perpusnas, Ketua Kelompok Layanan, dan Subkoordinator Layanan Sirkulasi Keanggotaan, juga hadir sebagai peserta dalam diskusi ini. Acara ini dibuka untuk umum melalui tautan Zoom dan disiarkan di channel YouTube Radio WBS Perpusnas.

 

Dyah mengupas materi yang berkaitan dengan public speaking. Ia menjelaskan, agar bisa menjadi public speaker yang baik seseorang harus mengetahui apa tujuannya berbicara, siapa yang akan menjadi audiens, dan bagaimana mengimplementasikan ilmu dan prinsip berkomunikasi. Sementara Lucya menyampaikan peran dan kontribusi apa yang dapat diberikan oleh pustakawan dalam mewujudkan layanan perpustakaan yang prima. “Perpustakaan tempat teman-teman bekerja adalah rumah kedua, jadi cintailah dan kenalilah, senangilah tempat kerja dan pekerjaan kalian,” ujar Lucya.


Setelah mengikuti FGD Layanan Prima ini pustakawan diharapkan mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang dapat diterapkan dalam melaksanakan tugasnya. Sehingga pustakawan dapat berkomunikasi dengan lebih baik lagi dalam melayani masyarakat, serta berlandaskan pada tata nilai PASTI (profesional, akuntabel, sinergi, transparan, integritas).