Berita pujasintara

Rapat ISO 9001:2015 Pembahasan Isu Eksternal dan Internal

Image

7 Mei 2021 – Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantar (Pujasintara) berkomitmen menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2015. Dalam ISO 9001:2015 diperlukan adanya penilaian risiko berupa identifikasi isu eksternal dan internal yang dapat mengurangi kepuasan masyarakat bahkan menyebabkan ketidakpuasan masyarakat pengguna layanan informasi perpustakaan. Pada Jumat 7 Mei 2021 diadakan pertemuan rapat pembahasan atas hal tersebut.

Rapat yang dihadiri ketua kelompok layanan atau yang mewakili kelompok layanan diselenggarakan di ruang rapat Kepala Pujasintara lantai 5 dipimpin oleh Indah Ekaputri sebagai penanggung jawab kegiatan. Rapat dihadiri oleh Koordinator Penyusunan Konten dan Layanan Informasi Perpustakaan yang bertindak sebagai Wakil Manajemen di struktur ISO 9001:2015 Pujasintara. Ikut hadir Arief Wicaksono (subkoordinator Layanan Referensi, Monograf, Berkala Mutakhir, dan Multimedia) dan Atis Taufik AR (subkoordinator Sirkulasi Keanggotaan).

Pembahasan isu eksternal dan internal yang diidentifikasi akan mempengaruhi layanan berlangsung dengan partisipasi dari setiap peserta rapat. Rapat kali ini juga menjadi bahan pembelajaran bagi pegawai yang baru terlibat dalam pembahasan isu eksternal dan internal. Salah satu isu yang dibahas adalah masalah kekurangan SDM pada kelompok layanan Terbitan Berkala dan Layanan Referensi Virtual. Yuliatry Bunga memberikan arahan bahwa isu SDM ini sebaiknya kita pelajari kembali untuk dapat dijadikan isu dengan mempelajari Anjab dan ABK dari pegawai Pujasintara. “Pujasintara baru saja mendapatkan 100 pegawai lebih di tahun 2019. Apakah isu kekurangan SDM ini sesuai mengingat hal tersebut? Atau masalah sebenarnya adalah pembagian kerja yang tidak merata?”. Arieef Wicaksono juga mengingatkan agar penulisan isu diperhatikan dengan baik terkait obyek dan subyeknya. Dicontohkan misalnya di Layanan Referensi Virtual diungkap isu aplikasi chat tidak dapat memberikan laporan email dari masyarakat yang bertanya secara otomatis. Subyek di isu tersebut adalah laporan yang manual. Sebaiknya bahasa pernyataan isu menjadi perhatian bersama agar dapat menyatakan isu yang sebenarnya.