Berita pujasintara

SMA Pradita Dirgantara Perlu Mengembangkan Jaringan Perpustakaan

Image

6 Juli 2021 – SMA Pradita Dirgantara merupakan World Class Boarding School for Future Leaders. SMA Pradita Dirgantara merupakan sekolah menengah atas berbasis pendidikan kedirgantaraan yang diprakarsai oleh Ibu Nanny Hadi Tjahjanto selaku ketua umum Yasarini. Sekolah ini didirikan atas kerjasama antara Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam hal ini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dalam hal ini Ardhya Garini (Yasarini).

SMA Pradita Dirgantara mempunyai perpustakaan yang nyaman untuk menjadi tempat siswa berkelana dalam dunia bacaan. Perpustakaan ini diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, M. Syarif Bando 7 Januari 2020. Lihat berita

Kepala Perpusnas Resmikan Perpustakaan SMA Pradita Dirgantara.

Pada Rapat Koordinasi SMA Pradita Dirgantara diundang narasumber untuk memberikan pengetahuan baru tekait pelaksanaan pembelajaran pada tanggal 6 Juni 2021 secara online. Berikut agenda pembukaan rapat koordinasi tersebut:

  • Sambutan Ketua Umum Yasarini oleh Ibu Nanny Hadi Tjahjanto
  • Materi Model Pembelajaran Era Digital
  • Materi Project Based Learning
  • Materi Digital Library Network oleh Perpustakaan Nasional
  • Materi Pembelajaran HOTs dan STEAM
  • Materi Literasi dan Numerasi
  • Materi Digitalisasi Sekolah

Subkoordinator Layanan Referensi, Monograf, Berkala Mutakhir, dan Multimedia, Arief Wicaksono yang mendapatkan tugas pada kegiatan ini menyatakan perpustakaan SMA Pradita Dirgantara harus mampu menjelma menjadi perpustakaan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Perpustakaan, seperti halnya manusia yang merupakan makhluk sosial, perlu membangun jejaring dengan perpustakaan lain, dari Perpustakaan Nasional, perpustakaan umum, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, dan juga perpustakaan sekolah lainnya. Perpustakaan dipastikan hanya mampu dan perlu memiliki koleksi yang menjadi aset, namun untuk pemenuhan kebutuhan informasi/bahan bacaan siswa diperlukan bahan perpustakaan/bacaan lain yang tersedia secara terbuka.