Berita pujasintara

Soft Launching Penerapan Kartu Anggota perpustakaan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Image

Senin 14 Juni 2021, bertempat di Layanan Keanggotaan Lantai 2 Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI JI. Medan Merdeka Selatan No 11, telah dilaksanakan Soft Launching atau uji coba penerapan Kartu Anggota Perpustakaan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kegiatan ini dilaksanakan oleh kelompok Layanan Keanggotaan Perpustakaan Nasional RI.

Dewi Muliawati, S.Hum salah seorang pustakawan kelompok Layanan Keanggotaan menjelaskan tidak ada yang berbeda dari alur proses yang harus dilakukan pemustaka untuk mendapatkan kartu anggota yang terintegrasi ini. Perbedaannya hanya pemustaka akan mendapatkan nomor anggota yang berupa nomor NIK. Penggunaan nomor NIK sebagai nomor anggota Perpustakaan diharapkan mempermudah pemustaka dalam mengakses layanan karena tidak perlu mengingat lagi nomor baru jika akan mengakses layanan tapi tidak membawa kartu anggota. Sebelumnya, banyak sekali pemustaka yang menghubungi layanan keanggotaan karena mereka lupa nomor anggota ketika akan mengakses layanan online di Perpustakaan Nasional RI.

Sebelum diterapkan Kartu Anggota Layanan Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan program ini sudah melalui perencanaan dan proses panjang yang akhirnya disetujui dan dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional Nomor 119/5766/Dukcapil dan Nomor 241/PKS/IV.2021 tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Tugas Perpustakaan Nasional. Dalam melaksanakan progam ini, Perpustakaan Nasional akan melanggan jalur internet khusus untuk melindungi data pemustaka.

Rahmana Alqadri seorang pemustaka yang juga mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta, mengatakan dirinya mendukung program integrasi Kartu Anggota Layanan Perpustakaan Nasional Berbasis NIK karena dengan integrasi ini semua terkumpul menjadi satu data menggunakan NIK. Lalu Lina Seorang mahasiswa juga mengatakan bahwasannya dengan Nomor NIK yang terintegrasi dengan Nomor Kartu Anggota membuatnya merasa dimudahkan.

Program integrasi implementasi kartu anggota layanan perpustakaan berbasis nomor induk kependudukan di Perpustakaan Nasional ini masih diuji cobakan dahulu selama 14 hari dimulai pada 14 Juni 2021 dan jika sukses akan di launching secara resmi pada 25 Juni 2021. Selain di Pusat ujicoba juga dilakukan di Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Hatta.