Berita pujasintara

Sosialisasi Alur Pengaduan Masyarakat

Image

Perpustakaan Nasional RI melalui Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Perpustakaan Nasional berkomitmen untuk menyelenggarakan pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Perka tersebut bertujuan: a. agar Pengaduan Masyarakat dapat dikelola dengan baik, benar, efektif, dan efisien; b. agar penanganan Pengaduan Masyarakat lebih terkoordinasi dan mempunyai mekanisme penanganan yang sama; c. memberdayakan Pengaduan Masyarakat sebagai kontrol sosial terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat; dan d. mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Perpustakaan Nasional ditindaklanjuti oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara sebagai unit eselon II yang melaksanakan layanan perpustakaan dan informasi dengan membentuk Tim Pengelola Pengaduan dan Penanganan Laporan Masyarakat di Lingkungan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 591c/3.3/JPI/VI.2019 tentang Pembentukan Tim Pengelola Pengaduan dan Penanganan Laporan Masyarakat di Lingkungan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang bertugas

  1. menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis;
  2. memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan;
  3. mengevaluasi tindak lanjut dari pengaduan layanan;
  4. menyusun laporan hasil pelaksanaan kegiatan.


Masyarakat dapat menyampaikan pengaduan melalui saluran/media pengaduan yang telah disediakan antara lain:

  1. Call Center1500914
  2. [email protected]
  3. Media Sosial: facebook @ayokeperpusnas, twitter @perpusnas1, serta instagram @perpusnas.go.id.
  4. SP4N LAPOR!
  5. Kotak Saran
  6. Layanan Referensi Virtual/Live Chat
  7. WA Pengaduan 0858-8015-8302


Agar saluran/media pengaduan yang telah disediakan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarkat, maka perlu adanya kegiatan sosialisasi. Salah satunya adalah dalam kegiatan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi. Kegiatan Bimbingan Pemustaka dan Literasi Informasi, selain memberikan informasi terkait pemanfaatan layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional juga memberikan informasi terkait alur pengaduan di Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara atau biasa dikenal masyarakat dengan gedung fasilitas layanan Perpusnas RI.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat lebih paham bagaimana dan kemana harus menyampaikan keluhan mereka terkait layanan yang diberikan oleh Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara sehingga tercipta kepuasan bagi masyarakat.