Berita pujasintara

Sosialisasi Implementasi Kartu Anggota Layanan Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan

Image

Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Drs. Teguh Purwanto, S.IP., M.Si. mensosialisasikan implementasi kartu anggota layanan perpustakaan berbasis nomor induk kependudukan (NIK) yang dihadiri oleh Pustakawan Utama, Koordinator, Subkoordinator, dan seluruh pegawai di lingkungan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara. Selain itu juga dihadiri oleh pegawai dari unit pelaksana teknis Perpustakaan Nasional yaitu Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno dan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai percontohan dari implementasi tersebut. Sosialisasi dilaksanakan pada hari Jumat, 11 Juni 2021 di Ruang Auditorium Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 secara hybrid untuk menghindari kerumunan sebagai salah satu upaya Perpustakaan Nasional mencegah penularan Covid-19.

Drs. Teguh Purwanto, S.IP., M.Si. menjelaskan dasar hukum dari penerapan kartu anggota layanan berbasis nomor induk kependudukan (NIK) adalah Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 132 Tahun 2021 tentang Penerapan Kartu Anggota Layanan Perpustakaan Berbasis Nomor Induk Kependudukan yang lahir setelah proses panjang yang didahului dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dengan Sekretariat Utama Perpustakaan Nasional Nomor 119/5766/Dukcapil dan Nomor 241/PKS/IV.2021 tentang Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan, dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Tugas Perpustakaan Nasional.  

Uji coba implementasi kartu anggota layanan perpustakaan berbasis nomor induk kependudukan di Perpustakaan Nasional, Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Karno, dan Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Proklamator Bung Hatta akan dimulai pada 14 Juni 2021 selama 14 hari, kemudian akan dilaunching secara resmi pada 25 Juni 2021.

Pustakawan Utama di lingkungan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Sri Sumekar, M.Si. mengapresiasi penerapan kartu anggota layanan perpustakaan berbasis nomor induk kependudukan sebagai salah satu inovasi, beliau menekankan perlu kehati-hatian dan pengawasan dalam prosesnya nanti agar data pemustaka tidak disalahgunakan.

Menanggapi arahan tersebut, Drs. Teguh Purwanto menjelaskan bahwa Perpustakaan Nasional akan melanggan jalur internet khusus untuk melindungi akses data, selain itu hanya beberapa orang pegawai yang akan diberikan akses.

Berita selengkapnya dapat dilihat di youtube WBS Radio Perpusnas https://www.youtube.com/watch?v=nnafBGTlxqI