Berita pujasintara

Sosialisasi Koleksi dan Layanan Digital Perpusnas RI kepada Sivitas Akademika Universitas Muhammadiyah Jember

Image

Layanan Bimbingan Pemustaka Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara kembali menggelar sesi bimbingan pemustaka online bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Jember. Sesi ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan minimal satu bulan sekali dari layanan bimbingan pemustaka sebagai bentuk adaptasi layanan perpustakaan Perpusnas atas kemajuan teknologi dan kondisi pandemik Covid 19.

Sesi ini terasa lebih istimewa dengan tampilan baru karena berkolaborasi lebih dengan tim Radio WBS Perpusnas. Jalannya sesi bimbingan pemustaka dikemas seperti talkshow dengan harapan acara dapat dibawakan secara santai tanpa mengurangi substansi dari acara itu sendiri dan juga lebih mendekatkan antara pustakawan dengan pemustaka.

Sesi bimbingan pemustaka diawali dengan sambutan dari Yuliatry Bunga S.IPI selaku Koordinator Kelompok Substansi Penyusunan Konten Media dan Layanan Informasi Perpustakaan, kemudian dilanjutkan oleh Berlian Eka Kurnia S.IIP., MA. selaku Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember. Dalam sambutannya, keduanya sepakat bahwa perpustakaan harus bertransformasi untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan teknologi yang begitu cepat, salah satu bentuknya ialah penyelenggaraan bimbingan pemustaka secara online. Layanan dan koleksi digital Perpusnas RI merupakan jawaban atas kondisi geografis negara Indonesia yang berbentuk kepulauan.

Narasumber pada sesi pagi ini dipaparkan oleh Yuli Maryani, S.Sos., M.Si. selaku pustakawan ahli muda. Beliau memaparkan berbagai hal mengenai koleksi dan layanan digital Perpusnas. Beliau menekankan mengenai penelusuran e-resources dengan menjelaskan cara melakukan penelusuran melalui provider seperti Proquest, Ebsco, Emerald.

Terima kasih diucapkan kepada berbagai pihak yang telah mendukung acara bimbingan pemustaka online sehingga berjalan dengan lancar. Tercatat 610 Peserta yang menyaksikan acara ini baik melalui zoom maupun channel Youtube. Perpusnas menunggu kerja sama dari perguruan tinggi dan lembaga untuk sesi bimbingan pemustaka online selanjutnya. Silahkan berkirim surat melalui alamat email [email protected].

Setelah penyajian materi, moderator membuka sesi tanya jawab kepada para peserta yang mengikuti jalannya acara melalui Zoom maupun channel Youtube. Tidak hanya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta, namun juga saran dan apresiasi datang dari para peserta. Seperti apresiasi dari Sri Rokhyatun yang menyatakan bahwa, “Alangkah baiknya kalau langkah-langkah semua yang diterangkan bisa ditayangkan di Youtube sehingga bisa diulangi kalau kita lupa untuk masuknya.” Annisaa juga memberikan saran, “Saran dari saya, koleksi yang ada di iPusnas diperbanyak buku parenting dan anak-anak yang up to date agar semakin tertarik untuk membaca buku melalui layar.” Apresiasi lain juga datang dari Kepala UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember yang menyatakan, “Sangat bermanfaat sekali materi yang disampaikan. Semoga di kesempatan berikutnya bisa bekerja sama lagi.”

Salam literasi dan salam sehat untuk kita semua.