Berita pujasintara

Sosialisasi Layanan Berbasis TIK di Provinsi Kalimantan Barat

Image

Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi mempunyai kegiatan Sosialisasi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun 2018 di lima provinsi, yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, dan DI Aceh. Di tahun 2019, kegiatan Sosialisasi kembali dilanjutkan. 

Tanggal 28 Agustus 2019, kegiatan Sosialisasi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi diselenggarakan di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan ini bertempat di ballroom Hotel Gadjah Mada dengan peserta sebanyak 200 orang. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat, Drs. T.T.A Nyarong, M.Si. Beliau menyatakan, “Layanan Perpustakaan Nasional yang berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi harus dimaksimalkan pemanfataanya oleh seluruh masyarakat Indonesia, termasuk Provinsi Kalimantan Barat.” 

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan dengan mensosialisasikan tiga layanan berbasiskan teknologi informasi dan komunikasi unggulan Perpustakaan Nasional, yaitu e-resources, iPusnas, dan Indonesia OneSearch. E-resources memuat banyak artikel jurnal ilmiah internasional, iPusnas memuat buku-buku digital berbahasa Indonesia, dan Indonesia OneSearch yang menjadi pintu pencarian koleksi perpustakaan di seluruh Indonesia akan sangat bermanfaat memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat Kalimantan Barat terhadap informasi berkualitas.