Berita pujasintara

Teken Perjanjian Kerja Sama, Perpusnas dan ANRI Luncurkan Web Portal Kepresidenan RI

Image

Rabu (13/10) bertempat di Auditorium Lt.2 Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat telah diselenggarakan acara Penandatanganan Kerjasama (PKS) Perpustakaan Nasional RI dengan Arsip Nasional RI dan Launching Web Portal Memori Kepresidenan RI. Kegiatan yang merupakan rangkaian acara dari MOWEEK (Memory of the World Week) atau Pekan MOW yang diselenggarakan oleh ANRI ini dihadiri oleh para pimpinan kedua lembaga negara tersebut secara luring, dihadiri pula oleh masyarakat umum secara daring melalui zoom meeting dan siaran langsung di kanal Youtube Perpusnas.

Acara diawali dengan peluncuran Web Portal Memori Kepresidenan RI yang secara simbolis dilakukan dengan penekanan tombol peluncuran oleh Kepala Arsip Nasional RI, Drs. Imam Gunarto, M.Hum bersama dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhamad Syarif Bando, MM. Portal web yang diluncurkan merupakan integrasi situs web kepustakaan presiden-presiden milik Perpustakaan Nasional yang telah dikembangkan sejak tahun 2006 dengan situs web diorama arsip kepresidenan milik ANRI. 

Integrasi Portal Web tersebut merupakan wujud nyata dari PKS yang telah disepakati. Penandatanganan PKS dilaksanakan oleh Plt. Sekretaris Utama ANRI, Rini Agustiani, S.H., MAP bersama dengan Dra. Woro Titi Haryanti, M.A, Sekretaris Utama Perpusnas RI. Penandatanganan kerja sama ini merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman Bersama antara Perpusnas RI dan ANRI tentang Penyelenggaraan Kearsipan dan Perpustakaan yang ditandatangani pada 2019 lalu dan dijadwalkan berlangsung hingga 2024 mendatang. Secara umum PKS yang disepakati kedua lembaga negara tersebut berisi tentang pengembangan sumber daya manusia (SDM) kearsipan dan perpustakaan; pengembalian, repatriasi naskah-naskah dan arsip-arsip kuno yang ada di luar negeri; serta tentang penanggulangan bencana terhadap bahan pustaka dan arsip.