Berita pujasintara

Training Penelusuran EBSCOHost untuk Pustakawan

Image

Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan layanan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Perpustakaan Nasional sebagai lembaga perpustakaan di level nasional maka Perpustakaan Nasional berkeinginan memberikan layanan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Perpustakaan Nasional menyediakan berbagai sumber yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah e-resources, yang memuat artikel jurnal ilmiah internasional.

Dalam rangka memberikan pembekalan kepada pelaksana layanan dalam hal ini adalah pustakawan Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi agar dapat melayani masyarakat dengan prima, pada hari Selasa, 8 Oktober 2019. Materi yang diberikan adalah training penelusuran EBSCOHost dengan trainer Erik Junikon sebagai Regional Sales Manager, EBSCO Int. Inti materi yang diberikan adalah:

  • The introductory of EBSCO databases
  • How to choose EBSCO electronic databases
  • Technique and strategy how to use EBSCO electronic databases

Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, Drs. Teguh Purwanto, S.IP., M.Si., ketika membuka training menyatakan, “training-training seperti ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pustakawan.” Ke depannya diharapkan tidak hanya EBSCo namun training untuk penelusuran dari penyedia e-resources lainnya. Training ini terselanggara atas kerjasama dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi dengan Pusat Pengembangan Bahan Pustaka dan Pengolahan Koleksi.

Training ini memperdalam teknis penelusuran, berupa database overview, search featured and tips, saving, printing, emailing search results, setting up alerts, mobile access, EBSCO discovery service, search and navigation, updates and alerts, dan mobile access. Peserta training mendapatkan modul dan sertifikat.