Berita pujasintara

Virtual Tour Sekolah Kallista Batam ke Perpustakaan Nasional RI (Sesi 2)

Image

Perpustakaan Nasional RI memberikan inovasi layanan kunjungan virtual 360° sebagai cara memaksimalkan layanan kunjungan yang pada masa pandemi dan sebagai solusi untuk kunjungan berkelompok yang masih dibatasi. Dengan adanya layanan kunjungan virtual 360° melalui zoom ini para pemustaka rombongan sekolah yang belum bisa berkunjung secara onsite diharapkan tetap dapat melakukan kunjungan berkelompok. Tata cara mengajukan kunjungan virtual dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan melalui email layanan_kunjungan@perpusnas.go.id.

Seperti kunjungan virtual pada Senin, 14 Juni 2021, Perpusnas RI berkesempatan menerima kunjungan virtual dari Sekolah Kallista yang berlokasi di Batam. Pada Kunjungan tersebut dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama dimulai pukul 09.30-11.30, sedangkan sesi kedua pukul 11.30 – 13.00 WIB. Peserta sesi kedua di ikuti oleh siswa/i kelas 5, SMP, dan SMA Sekolah Kallista dengan jumlah peserta sekitar 84 orang. Kunjungan sesi kedua ini didampingi oleh para guru-guru Sekolah Kallista, yaitu Ibu Ika, Ibu Eunike, dan Bapak Hardi.

Pembukaan kunjungan virtual diawali oleh Ibu Ika (Guru Sekolah Kallista) mengenai tata tertib zoom meeting, dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai layanan dan fasilitas Perpusnas RI dari kelompok Kunjungan dan Tur Perpustakaan, yaitu Yayi Swastikaningtyas Insani dan Resti Fatmawati. Adapun pemaparan atau penjelasan mengenai layanan dan fasilitas disesuaikan dengan kebutuhan siswa/i usia sekolah.

Adapun materi layanan yang dijelaskan diantaranya:

  1. Sejarah Perpustakaan Nasional RI
  2. Layanan Grha Literasi
  3. Layanan Keanggotaan
  4. Layanan Audio Visual
  5. Layanan Mini Teater dan Studio Musik
  6. Layanan Monograf Terbuka
  7. Layanan Budaya Nusantara

Penjelasan mengenai kunjungan virtual ini dilakukan dengan menampilkan PPT, view 360°, dan juga video mengenai Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI dan layanan-layanan yang ada didalamnya. View 360° dapat diakses online pada alamat https://perpusnas.go.id/virtualtour. Pada akhir kunjungan virtual dilakukan tanya jawab dan kuis mengenai materi yang telah dipaparkan untuk tiga orang pemenang. Bagi ketiga pemenang akan mendapat gift dari Sekolah Kallista. Pertemuan zoom ditutup dengan foto bersama.