Buku tertua di layanan buku langka terbit pada tahun 1556 berjudul “Delle navigationi et viaggi” merupakan catatan nakhoda kapal yang menemukan dunia baru, seperti Columbus, Fernando Cortez, dan Fransisco Pissaro. 

Layanan Koleksi Buku Langka merupakan salah satu layanan Perpustakaan Nasional RI. Pemustaka dapat memanfaatkan layanan ini untuk menambah pengetahuan, studi literatur, maupun penelitian yang berkaitan dengan sumber informasi jangka waktu abad ke-16 hingga abad ke-19. Koleksi buku langka Perpustakaan Nasional RI adalah koleksi buku yang memuat disiplin ilmu, sebagian besar terbit pada masa kolonial Belanda dan ditulis dalam Bahasa Belanda. 

Koleksi buku langka terdiri dari:

  • Buku-buku abad ke-18 dalam berbagai disiplin ilmu;
  • Kumpulan ilustrasi tentang masyarakat dan kebudayaan Indonesia masa lalu;
  • Disertasi berbahasa Belanda tahun 1830-1940;
  • Koleksi tentang Sukarno berupa biografi,  autobiografi, dan kumpulan pidato;
  • Koleksi ster atau bintang, mempunyai keunikan tersendiri karena berukuran besar dan sebagian dilengkapi dengan ilustrasi dan foto yang menarik tentang budaya dan masyarakat Indonesia pada masa kolonial;
  • Koleksi Varia yaitu koleksi berupa ilustrasi yang terdapat pada lembaran lepas yang terkumpul dalam portepel dan kotak karton yang berisi berbagai macam gambar atau lukisan tangan (sketsa) tentang kota-kota di Indonesia pada masa lalu;
  • Literatur sekunder berupa katalog terbitan tahun 1900-an dalam bahasa Belanda; 
  • Koleksi deposit kolonial Belanda

Panduan Akses

Layanan Buku Langka menggunakan sistem tertutup, sehingga dalam mendapatkan koleksi yang diinginkan, pemustaka tidak dapat langsung mengambil dari rak penyimpanan tetapi melalui pustakawan berdasarkan hasil penelusuran pemustaka. Koleksi Buku Langka hanya dapat baca di tempat. Pemustaka dapat datang langsung ke lantai 14, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat serta memanfaatkan katalog online di ruang baca untuk menelusur koleksi buku langka, dengan terlebih dahulu menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Layanan Buku langka, dapat menghubungi pustakawan kami melalui email koleksibukulangka@perpusnas.go.id.

Diperbarui: 8 Juli 2021

Visits: 655 Today: 6 Total: 154096