Tanya-Jawab Umum/Frequently Asked Questions (FAQ)

Jam Layanan New Normal Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas RI

Senin – Jumat:  08.00 – 16.00

Hari Sabtu-Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional TUTUP

Setiap pemustaka (pengguna perpustakaan) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk dapat masuk ke Gedung Fasilitas Layanan dengan kuota maksimum 2000 orang pemustaka.

Apabila kuota tersebut habis, maka pemustaka bisa menjadwalkan hadir di hari layanan berikutnya.

Bagaimana pendaftaran menjadi anggota Perpusnas RI

Pendaftaran anggota Perpustakaan Nasional RI dapat dilakukan secara online pada situs web http://keanggotaan.perpusnas.go.id. dan secara onsite di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Syarat mendaftar anggota Perpusnas RI

Menggunakan NIK yang tertera pada KTP/KK dan pada saat cetak kartu wajib membawa KTP/KK (dalam bentuk fotokopi ataupun softfile) sebagai syarat verifikasi

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Apakah yang bisa mendaftar menjadi anggota hanya yang berdomisili di Jakarta?

Tidak, semua WNI di seluruh Indonesia (termasuk bagi WNI yang berada di luar negeri) dapat mendaftar menjadi anggota perpusnas RI.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara mendaftar menjadi anggota Perpustakaan Nasional RI bagi WNA?

Pemustaka yang berstatus WNA dapat mendaftar dengan membawa KITAS, paspor, atau visa.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana kalau lupa nomor anggota?

Melapor ke alamat email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id dengan mencantumkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir atau datang langsung ke Layanan Kunjungan dan Informasi Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana kalau lupa password?

Pemulihan password keanggotaan melalui alamat situs web http://keanggotaan.perpusnas.go.id/ lalu klik tombol lupa user/pass kemudian masukkan nomor anggota dan alamat email. Link pemulihan password akan dikirim melalui email. Selain itu, dapat melapor ke alamat email layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id dengan mencantumkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir atau datang langsung ke Layanan Informasi di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana bila kartu anggota hilang?

Wajib membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian terdekat untuk bisa mencetak kartu baru. Untuk mendapatkan layanan cetak ulang kartu anggota, silakan mengambil nomor antrian melalui perangkat komputer khusus antrean di Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana mencetak kartu anggota bila sudah mendaftar anggota secara online?

Datang langsung ke Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional RI Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Lantai 2 dan mengambil nomor antrean melalui perangkat komputer khusus antrean.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara menggunakan ruang diskusi

Ruang diskusi dengan kapasitas ≤ 10 orang: menghubungi petugas layanan dimana ruang diskusi berada dan menyerahkan kartu anggota.

Ruang diskusi dengan kapasitas ≥ 10 orang: mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan menyertakan maksud dan tujuan, waktu peminjaman, dan jumlah peserta kegiatan  ke alamat email persuratan@perpusnas.go.id.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara meminjam ruangan auditorium?

Menghubungi Bapak Triono (Kasubag. Deputi 1 Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan RI Jl. Salemba Raya No. 28A) CP. 081310773773

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara untuk mengajukan kunjungan?

Mengirimkan surat resmi permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara ke alamat e-mail            layanan_kunjungan@perpusnas.go.id dengan menjelaskan maksud tujuan kunjungan, waktu (hari/tanggal/jam) dan jumlah peserta kunjungan.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana jika berkunjung ke perpustakaan tapi kartu anggota ketinggalan?

Menunjukkan keanggotaan online dengan login di https://keanggotaan.perpusnas.go.id/ Jika lupa nomor anggota, Anda dapat bertanya kepada petugas.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Apakah koleksi Perpustakaan Nasional RI boleh digandakan/dicopy?

Beberapa koleksi diperbolehkan untuk digandakan dengan batasan jumlah halaman tertentu sesuai peraturan yang ditetapkan di Perpustakaan Nasional RI.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Apakah koleksi Perpustakaan Nasional RI bisa dipinjam?

Koleksi Perpustakaan Nasional RI yang dapat dipinjam untuk dibawa pulang adalah Koleksi Monograf Terbuka (Lt. 21 dan Lt. 22) dan Koleksi Anak (Lt. 7a). Selain koleksi tersebut, tersedia untuk dibaca di tempat.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara mencari koleksi Perpusnas RI?

Koleksi perpusnas RI terdiri dari koleksi tercetak dan koleksi digital. Untuk mencari koleksi tercetak Silakan kunjungi alamat situs web http://opac.perpusnas.go.id. sedangkan untuk koleksi digital dapat mengunjungi alamat situs web layanan koleksi digital http://e-resources.perpusnas.go.id/ atau unduh dan install aplikasi iPusnas melalui google playstore atau appstore

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara mengakses iPusnas?

Aplikasi iPusnas tersedia di Play Store untuk sistem operasi Android, Apple Store untuk sistem operasi iOS, dan laman http://ipusnas.id untuk sistem operasi Windows. Pendaftaran dilakukan di dalam aplikasi menggunakan akun Facebook, akun Google, atau alamat e-mail.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Bagaimana cara mengakses e-resources?

Akses layanan e-resources diberikan kepada anggota Perpustakaan Nasional RI melalui alamat situs web http://e-resources.perpusnas.go.id. Pastikan Anda memasukkan nomor anggota dan password dengan benar saat login.

Apabila mengalami masalah dengan dengan login, silakan atur ulang akun keanggotaan dengan reset password di laman http://keanggotaan.perpusnas.go.id. Jika tidak dapat reset password secara mandiri, silakan meminta reset password dengan mengirimkan email ke alamat layanan_keanggotaan@perpusnas.go.id

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Melalui petugas

Syarat dan ketentuan:

  • Telah menjadi anggota Perpusnas RI
  • Berdomisili di daerah Jabodetabek
  • Jumlah maksimal koleksi yang dipinjam adalah 3 eksemplar
  • Jangka waktu peminjaman adalah 7 hari
  • Anggota tidak dalam masa suspensi

Prosedur:

  • Berikan Kartu Anggota dan koleksi yang ingin dipinjam kepada petugas
  • Berikan KTP daerah Jabodetabek untuk verifikasi data (*jika meminjam untuk pertama kali)
  • Berikan fotokopi Surat keterangan domisili dari RT/RW daerah Jabodetabek (*jika KTP di luar daerah Jabodetabek)
  • Berikan fotokopi Surat keterangan bekerja/sedang kuliah di daerah Jabodetabek (*jika KTP di luar daerah Jabodetabek dan tidak memiliki surat keterangan domisili RT/RW daerah Jabodetabek)
  • Koleksi akan diproses oleh petugas dalam waktu paling lama 5 (lima) menit
  • Koleksi sudah terproses dan dapat dibawa pulang
Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Melalui Anjungan Peminjaman Mandiri

Syarat dan Ketentuan:

  • Telah menjadi anggota Perpusnas RI
  • Berdomisili di daerah Jabodetabek
  • Telah melakukan verifikasi data pada petugas untuk peminjaman pertama kali
  • Jumlah maksimal koleksi yang dipinjam adalah 3 eksemplar
  • Jangka waktu peminjaman adalah 7 hari
  • Anggota tidak dalam masa suspensi

 

Prosedur:

  • Tempelkan Kartu Anggota pada card scanner yang tersedia
  • Letakkan koleksi yang ingin dipinjam pada book reader/mesin pembaca buku. Tumpukkan koleksi bila jumlahnya lebih dari satu
  • Tekan kotak bertuliskan “Pinjam” pada layar
  • Pilih “Ya” jika ingin mencetak tanda bukti peminjaman dan pilih “Tidak” jika sebaliknya
  • Ambil kertas cetak tanda bukti peminjaman
  • Koleksi sudah terproses dan dapat dibawa pulang
Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Melalui Online

Syarat dan Ketentuan:

  • Telah menjadi anggota Perpusnas RI
  • Status poin sirkulasi anggota telah mencapai “Bintang 1

 

Prosedur:

  • Kunjungi laman OPAC (Open Access Public Catalogue) Perpusnas RI
  • Login pada laman OPAC dengan memasukkan usernamedan password
  • Ketikkan kata kunci berdasarkan koleksi yang ingin dipesan
  • Klik “Cari
  • Jika sudah muncul koleksi yang diinginkan, klik jumlah koleksi pada bagian ketersediaanyang berwarna biru
  • Klik tombol “Pesan” pada koleksi yang diinginkan
  • Notifikasi pesan terkirim ke email pengguna menginfokan bahwa waktu tunggu koleksi dapat diambil/akan diproses adalah selama 1×24 jam terhitung sejak waktu pemesanan
  • Bila koleksi tidak bermasalah dan sudah terproses, notifikasi pesan lanjutan akan terkirim ke email pengguna menginfokan bahwa koleksi sudah siap diambil
  • Kunjungi Ruang Smart Locker Lantai 2 Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11
  • Tempelkan kartu anggota pada mesin smart locker/mengetikkan nomor anggota pada komputer smart locker
  • Locker berisi koleksi yang dipesan terbuka
  • Ambil koleksi pada locker
Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895

Pengembalian buku yang dipinjam oleh pemustaka dapat dilakukan secara mandiri (7 x 24 jam) melalui Anjungan Pengembalin Mandiri (APM) yang berada di Lobi Plaza Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat.

Anda bisa menyerahkan kepada petugas:

  1. Fotokopi Surat Keterangan Domisili dari RT/RW daerah Jabodetabek; atau
  2. Fotokopi Surat Keterangan Pekerjaan di daerah Jabodetabek disertai Cap Basah Kantor; atau
  3. Fotokopi Surat Keterangan Sedang Kuliah di daerah Jabodetabek disertai Cap Basah Universitas/Institut/Perguruan Tinggi

Bisa. Anda bisa mengembalikan koleksi pada anjungan pengembalian mandiri yang beroperasi selama 24 jam terletak di Lobi Plaza Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat.

Anjungan pengembalian mandiri adalah mesin khusus yang berfungsi sebagai tempat mengembalikan koleksi secara mandiri dan beroperasi selama 24 jam. Berjumlah 3 unit dan terletak di Lobi Plaza Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat.

Keterlambatan pengembalian buku tidak dikenakan denda. Namun, akan dikenakan suspend yaitu berupa pemblokiran kapabilitas  peminjaman selama masa sesuai jumlah hari keterlambatan. Jika masa suspend sudah terlewati, maka dapat meminjam koleksi kembali.

Karena terlambat mengembalikan koleksi yang dipinjam dari jatuh tempo pengembalian yang seharusnya.

Kunjungi alamat situs web https://onesearch.id/ kemudian daftarkan institusi/perpustakaan/repositori

Mengirimkan surat permohonan kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI melalui alamat email pusdiklat@perpusnas.go.id atau datang langsung ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI Jl. Salemba Raya No. 28A

Untuk permohonan liputan, harap menghubungi Koordinator Humas dan Kerja Sama atas nama Bpk. Dodi di nomor 0856-1869-807.

Visits: 2391 Today: 9 Total: 295895