Graha Literasi Sekarang (Atas) – Gedung Cagar Budaya Dahulu/BCB (Bawah)

 

 

Graha Literasi menyediakan tempat rekreasi edukasi dan wisata literasi melalui beberapa instalasi dan empat ruangan yang menggambarkan perkembangan sejarah aksara, media, dan peristiwa membaca di Indonesia.

1. Ruang Aksara

Perkembangan aksara di Indonesia berkaitan erat dengan sejarah kebudayaan dan peradaban bangksa. Tradisi keberaksaraan dipengaruhi oleh tiga gelombang asing, yaitu India, Arab,dan Eropa.

 

2. Ruang Media

Sebagai manifestasi visual ide manusia, aksara membutuhkan media untuk menjadikannya ‘bicara’. Media tulis diolah dari bahan-bahan alam, seperti bambu, daun, lontar, dan daluwang.

 

3. Ruang Peristiwa Membaca

Visualisasi peristiwa membaca dari zaman ke zaman, ‘bacaan-bacaan’ itu dipatrikan dalam batu, disenandungkan dihadapan banyak orangk, sampai dibaca dalam hati.

 

4. Ruang Perpustakaan

Perpustakaan merupakan ruang pengumpulan dan pengelolaan ilmu pengetahuan. Beragam bentuk perpustakaan telah lahir untuk turut serta mencerdaskan bangsa, salah satunya perpustakaan bergerak seperti sepeda pustaka.

1. Panel 7 Unsur Kebudayaan

Menampilkan secara virtual perpaduan artistik naskah Nusantara dan slideshow dokumentasi budaya Nusantara yang mencerminkgan tujuh unsur budaya.

 

2. Panel Tokoh Literasi

Menampilkan panel tokoh-tokoh Indonesia dan pandangannya terhadap membaca. Kutipan berbagai tokoh nasional akan memberikan inspirasi tentang ide visioner budaya membaca.

 

 3. Dinding Futuristik

Instalasi yang dipadukan dengan display proyeksi perjalanan Perpusnas di masa lalu, masa kini, dan masa depan, akan mengantarkan ke dalam bangunan inti Perpusnas yang modern.

 

 4. Perahu Aksara

Menjadi simbol kontribusi masyarakat bahari Indonesia masa lalu yang mengembangkan tradisi keberaksaraan yang beragam di Nusantara. Indonesia adalah negara maritim.

 

5. Dermaga Karya

Karya-karya diletakkan dalam suatu tempat menyerupai peti kemas dan tong untuk menampilkan karya atau naskah budaya bangsa.

 

Visits: 409 Today: 1 Total: 154053