Layanan Majalah dan Jurnal Langka

Blog Single

Informasi yang terkandung di dalam sumber informasi yang berupa majalah terjilid dapat menjadi sumber rujukan yang saling mengisi dan melengkapi informasi yang ada pada sumber lainnya seperti buku langka, manuskrip, serta surat kabar langka.

Koleksi yang tersedia pada Layanan Majalah Terjilid terdiri dari:

1. Majalah lama yang terbit di Indonesia dan luar negeri. Koleksi majalah tersebut telah mengalami proses penjilidan yang bertujuan untuk memudahkan pustakawan dan pemustaka dalam proses penelusuran. Koleksi majalah lama tertua yang dimiliki oleh Layanan Majalah Terjlid Perpustakaan Nasional RI adalah The Hollandsche Spectator” yang terbit pada tahun 1648 dan majalah Verhandelingen van het Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen” yang terbit pada tahun 1779 di Batavia. Untuk majalah lama tertua terbitan dalam negeri yaitu “Warna Sari” yakni majalah dalam tulisan Jawa yang terbit pada tahun 1857.

2. Jurnal lama terbitan Indonesia dan luar negeri. Sama seperti koleksi majalah, koleksi jurnal lama yang terdapat di Layanan Majalah Terjilid sudah mengalami proses penjilidan agar mudah untuk ditemukan pada saat proses penelusuran.

Panduan Akses

Koleksi majalah terjilid dilayankan di lantai 23, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta dengan sistem tertutup. Pemustaka tidak dapat mengakses langsung koleksi di rak penyimpanan. Permintaan koleksi dibantu dan diambilkan oleh pustakawan. Penelusuran dan pemesanan koleksi majalah terjilid dapat dilakukan melalui katalog online yang tersedia di lantai 2, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta atau katalog manual yang tersedia di ruang baca. Koleksi majalah terjilid yang telah dialih media dapat diakses secara online melalui situs web Khastara.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Layanan Majalah Terjilid, dapat menghubungi pustakawan kami melalui email materjilperpusnas20@gmail.com.

Berita

Image

Lahirkan Kembali Cinta Budaya Indonesia melal...

Image

Ask A Librarian, Ruang Bertanya Sumber Peneli...

Image

FGD Penelitian Sejarah #3 “Diskusi Kiprah P...

Image

Jam Layanan Perpustakaan Nasional di Bulan Ra...

Image

Pencarian Produk Hukum Perpustakaan via JDIH ...

Pengumuman

Terkait Hari Raya Iduladha 1443 H maka Gedung Layanan Perpusnas TUTUP pada 9-10 Juli 2022 dan buka ....

Selasa, 02 Agustus 2022