Berita pujasintara

Indonesia Swasembada Pangan : Antara Kenyataan dan Angan-angan

Image

Medan Merdeka Selatan, Jakarta. Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara menggelar kegiatan Talkshow JASMERAH dengan tema "Indonesia Swasembada Pangan: Antara Kenyataan dan Angan-Angan" pada hari Rabu, 6 Maret 2024,. Kegiatan ini menjadi momentum kolaborasi antara Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian Kementerian Pertanian Bogor.


Muchlis, S.E., M.Si selaku Kepala Pusat Perpustakaan dan Literasi Pertanian Bogor menyampaikan bahwa Pustaka dalam upaya menderaskan literasi pertanian telah mengelola penerbitan Pertanian Press yang hasilnya disebarluaskan melalui situs web dan bedah buku. “Buku yang akan dibedah kali ini berjudul Menjaga Keberlanjutan Swasembada Pangan, menggambarkan perjalanan panjang Kementan dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional” tambahnya.


“Teori ekonomi klasik oleh Thomas Robert Malthus bahwa krisis pangan dapat terjadi jika laju pertambahan penduduk meningkat lebih cepat daripada produksi pangan, yang betul terjadi saat ini. Indonesia sebagai negara subur pun tidak dapat terhindar dari masalah pangan, meski sejarah mencatat Indonesia pernah mengekspor beras ke India” jelas Dra. Mariana Ginting selaku Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi sekaligyus membuka acara.


Pemaparan dari narasumber-narasumber terkemuka seperti Andreas Maryoto, M.Sos., Kuntoro Boga Andri, Ph.D., dan Halim dari PT. Galih Sagu Pangan memberikan wawasan yang mendalam mengenai perjalanan Indonesia menuju swasembada pangan, serta potensi dan tantangan yang dihadapi.

Diskusi yang dipandu oleh moderator Ahmad Rosadi, S.Pd., dari Sekretaris Jenderal MGMP Sejarah Provinsi Banten, juga menjadi ajang untuk bertukar pikiran dan menemukan solusi atas berbagai permasalahan terkait pangan.


Selain itu, penanya dari para peserta juga aktif mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan, termasuk mengenai strategi konkret dalam menghadapi masalah pangan, alternatif pangan selain beras, dan langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah.

Acara ditutup dengan penampilan dari Band Astha Svara dan foto bersama peserta, menandai berakhirnya kegiatan Talkshow JASMERAH ini.