Berita pujasintara

Pujasintara Sosialisasikan Manfaat Kartu SAKTI di Kabupaten Banggai

Image

Kabupaten Banggai – Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara (Pujasintara) Perpustakaan Nasional RI melakukan sosialisasi Kartu SAKTI (Satu Kartu Terintegrasi) keanggotaan di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Selasa, 14 Maret 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan bersamaan dengan program kegiatan Talkshow Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) dan Rapat Koordinasi Teknis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah.

 

"Kami bangga bisa mengenalkan lebih luas tentang fungsi Kartu SAKTI kepada masyarakat Sulteng," ujar Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara, Agus Sutoyo, dalam kegiatan yang digelar di Ballroom Hotel Estrella, Kabupaten Banggai itu.

 

Selain melakukan sosialisasi, Pujasintara juga membuka layanan pendaftaran dan pencetakan kartu keanggotaan Perpusnas RI. Dalam kesempatan itu, tercatat 130 orang mendaftar dan mencetak kartu keanggotaan Perpusnas. Selain pegawai dan pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan se-Provinsi Sulawesi Tengah, istri Bupati Banggai yang juga Bunda Literasi Banggai, Syamsuarni, turut mendaftar dan mencetak kartu anggota. Penyerahan kartu anggota Perpusnas dilakukan secara simbolis oleh Kepala Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara kepada Bunda Literasi Kabupaten Banggai itu.

 

Dalam sosialisasi, pustakawan Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara juga menjelaskan manfaat Kartu SAKTI. Manfaat Kartu SAKTI salah satunya terintegrasi dengan layanan digital Perpusnas, seperti e-Resources.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Banggai Amirudin, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas RI Adin Bondar, serta Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Andi Kasman.

 

Penulis : Aliyudin M.T, Pustakawan Layanan Kemas Ulang dan Diseminasi Informasi

Editor : Amri Mahbub Alfathon